Banjir Sumbawa Meluas, BPBD Kerahkan Petugas Bantu 168 Warga Menjauh dari Lokasi Bencana

Banjir Sumbawa Meluas, BPBD Kerahkan Petugas Bantu 168  Warga Menjauh dari Lokasi Bencana

Sebagian ruas jalan desa di Kabupaten Sumbawa tergenang air pascabanjir yang terjadi sejak Senin 28 Maret 2022. -BPBD Kabupaten Sumbawa-

Kondisi terkini di lapangan, banjir dilaporkan sudah mulai berangsur surut. Pascakejadian, petugas BPBD setempat segera melakukan upaya penanganan darurat dengan menyiagakan tim reaksi cepat. 

Salah satunya evakuasi warga dan kaji cepat di lapangan. BPBD juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait dalam memastikan keselamatan warga dan turut membantu penanganan darurat di lokasi terdampak.

Menyikapi hal ini, masyarakat diharapkan dapat melakukan aksi dini, salah satunya melakukan saling berkoordinasi antara masyarakat yang berada di kawasan hulu dengan mereka yang berada di sisi hilir. 

Koordinasi dengan radio komunikasi dapat melibatkan organisasi masyarakat seperti RAPI, Orari atau penggunaan telepon selular untuk menginformasikan kondisi hujan di kawasan hulu. 

Ini akan membantu warga yang berada di sekitar daerah aliran sungai untuk melakukan evakuasi sejak dini. 

BNPB mengimbau pemerintah daerah untuk melakukan pelibatan berbagai organisasi dengan peran yang dimiliki untuk menginformasikan peringatan dini kepada masyarakat sehingga dampak korban jiwa dapat dihindari pada saat terjadi bencana.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bnpb