BNPB Janji Bakal Beri Bantuan untuk Perbaikan Rumah Warga yang Terdampak Erupsi Gunung Ruang

BNPB Janji Bakal Beri Bantuan untuk Perbaikan Rumah Warga yang Terdampak Erupsi Gunung Ruang

BNPB Janji Bakal Beri Bantuan untuk Perbaikan Rumah Warga yang Rusak Akibat Erupsi Gunung Ruang-Dok. Bnpb-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto meninjau langsung lokasi pengungsian warga yang berada di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Dalam kesempatan itu, seorang warga menyampaikan keresahannya karena rumah mereka rusak parah setelah dihujani batu vulkanik saat terjadi erupsi Gunung api Ruang sehingga tidak mungkin lagi ditempati.

BACA JUGA:Wapres Ma'ruf Minta Warga di Sekitar Gunung Ruang Ikuti Arahan Pemerintah

BACA JUGA:Terdampak Gunung Ruang Erupsi, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang Sampai Sabtu Sore

“Yang menjadi kekhawatiran kami, Pak. Kalau erupsi ini selesai, kami mau pulang ke mana, pak? Karena semua atap rumah kami rusak dan tidak bisa lagi ditempati,” kata seorang warga.

Menjawab pertanyaan ini, Suharyanto mengatakan pemerintah akan melakukan relokasi warga melalui program rehabilitasi dan rekonstruksi.

"Pemerintah tidak akan tinggal diam setelah erupsinya selesai. Kami dari BNPB bersama pemerintah daerah akan tetap mendampingi Bapak-Ibu sekalian. Ada nanti mungkin di antara Bapak-Ibu sekalian akan direlokasi. Dipindahkan ke rumah yang baru. Karena rumah yang ditinggali sekarang berada di zona berbahaya," papar Suharyanto dalam keterangannya, Minggu 5 Mei 2024.

BACA JUGA:Gelar Ratas, Jokowi Minta Jajarannya untuk Relokasi Pengungsi Erupsi Gunung Ruang

BACA JUGA:Bandara Sam Ratulangi Masih Ditutup Imbas Erupsi Gunung Ruang

Suharyanto mengatakan nantinya para warga yang mengalami kerusakan rumah akan mendapatkan bantuan.

"Bapak yang rumahnya rusak berat nanti berhak mendapat bantuan Rp 60 juta untuk perbaikan atau pembangunan. Yang rumahnya rusak sedang Rp 30 juta dan rusak ringan Rp 15 juta. Ini semua atas arahan Bapak Presiden Joko Widodo," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: