Tembus Rp 100 Triliun, Kompensasi Subsidi Solar yang Harus Dibayar Pemerintah ke Pertamina

Tembus Rp 100 Triliun, Kompensasi Subsidi Solar yang Harus Dibayar Pemerintah ke Pertamina

Subsidi pemerintah terhadap harga biosolar dengan selisih harga Rp 5.000 dengan perhitungan Rp 7.200 - Rp 7.300 perliter membuat Pemerintah harus membayar kompensasi hingga Rp 100 triliun ke Pertamina.-freepik-

4. Sangat mendukung dan mendorong agar pemerintah membayar kompensasi kepada Pertamina sebesar Rp 100 triliun agar keuangan Pertamina tidak terganggu. 

Hal ini dikhawatirkan bisa mengganggu distribusi BBM secara nasional jika keuangan Pertamina tidak mampu lagi menanggung akibat beban kompensasi yang tidak dibayarkan.

BACA JUGA:Jadi Tersangka, Video Pendeta Saifuddin Ajak Gus Yaqut jadi Pengikut Yesus Kembali Viral

Adapun beban kompensasi tersebut di dapatkan dari selisih harga keekonomian solar setelah di subsidi sebesar Rp 500 per liter.

Pertamina saat ini harus menanggung selisih harga biosolar sebesar Rp 7.200 - Rp 7.300 perliter.

5. Perubahan porsi subsidi menjadi lebih besar dibandingkan kompensasi adalah hal yang tepat. 

BACA JUGA:Akhirnya, Pendeta Saifudin Ibrahim Jadi Tersangka

Dengan demikian, pengaturan keuangan negara dan juga badan usaha menjadi lebih firm lagi ditengah ketidakpastian harga minyak dunia saat ini. 

6. Road Strategic Petroleum Reserve (SPR) atau cadangan strategis minyak dan gas bumi harus segera di siapkan, dimana selama ini SPR kita bukan dimiliki oleh negara tetapi oleh BUMN dalam hal ini Pertamina. 

Dengan adanya SPR yang dimiliki negara maka jaminan cadangan yang dimiliki akan lebih aman lagi.

BACA JUGA:Membeludak! Panitia Tambah Lagi Jadwal Konser Justin Bieber di Indonesia

7. Ditengah makin tingginya harga minyak dunia maka bisa dipastikan beban APBN akan semakin berat dalam menanggung beban subsidi BBM. 

Perlu adanya penghitungan sensitivitas terkait dengan kemungkinan terjadinya kenaikan bbm subsidi agar beban keuangan negara menjadi lebih ringan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: