Jenis Zakat Maal, Syarat dan Ketentuannya

Jenis Zakat Maal, Syarat dan Ketentuannya

Ilustrasi/Perhiasan emas-Pixabay -

Hewan ternak yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah unta, sapi/kerbau, kambing/domba. Hewan-hewan ini apabila kepemilikannya sudah mencapai jumlah tertentu, maka wajib dikeluarkan zakatnya.

  • Tabungan

Tabungan yang dimiliki setiap muslim dan terhitung sudah disimpan selama lebih satu tahun, harus dikeluarkan zakat maal-nya.

Dengan perhitungan, apabila jumlah tabungan tersebut nilainya setara dengan 85 gram emas, maka wajib dikeluarkan zakat maalnya sebesar 2,5 persen.

Sedekah atau zakat akan membersihkan diri dari dosa yang muncul. Zakat juga dapat mensucikan diri dari sifat cinta harta. 

Selain itu, juga membersihkan diri dari segala sifat jelek akibat harta, seperti kikir, tamak, dan semacamnya. 

Menunaikan zakat akan memberikan suatu keberkahan, yang membuat harta menjadi berlipat. 

Sebagaimana tertulis jelas dalam firman Allah, dalam Q.S At-Taubah ayat 103 sebagai berikut:

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

BACA JUGA:Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga, Berikut Tata Cara Pembayarannya

Selain zakat maal, Islam juga mengenal zakat profesi atau zakat penghasilan. Adalah bagian dari zakat maal yang wajib dikeluarkan atas harta yang berasal dari pendapatan / penghasilan rutin dari pekerjaan yang tidak melanggar syariah. Nishab zakat penghasilan sebesar 85 gram emas per tahun.

  • Kadar zakat penghasilan senilai 2,5.

Dalam praktiknya, zakat penghasilan dapat ditunaikan setiap bulan dengan nilai nishab per bulannya adalah setara dengan nilai seperduabelas dari 85 gram emas, dengan kadar 2,5. 

Jadi apabila penghasilan setiap bulan telah melebihi nilai nishab bulanan, maka wajib dikeluarkan zakatnya sebesar 2,5 dari penghasilannya tersebut. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Radar Banten