Solusi Macet di Jalur Puncak Bogor, Pemerintah Akan Bangun Tol Caringin - Cianjur

Solusi Macet di Jalur Puncak Bogor, Pemerintah Akan Bangun Tol Caringin - Cianjur

Jalan Tol/ilustasi-Jasa Marga-Jasa Marga

JAKARTA, DISWAY.ID-Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sedang merampungkan pembangunan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi). 

Setelah Jalan Tol Ciawi - Sukabumi tersambung, Sekretaris BPJT Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan, dilanjutkan dengan Jalan Tol Caringin - Cianjur yang juga tersambung dengan wilayah puncak serta pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Lido.

Menurut Hedy, rencana Pembangunan Jalan Tol Caringin - Cianjur sebagai solusi atasi Kemacetan di Puncak Bogor

Hedy menjelaskan, Kementerian PUPR juga berencana akan membangun shortcut Jalan Tol Caringin ke arah Cianjur sebagai salah satu upaya memberikan solusi terkait permasalahan kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Puncak - Bogor. 

BACA JUGA:Mulai 13 Juni Contra Flow Diberlakukan di 6 Ruas Jalan Tol Kelapa Gading hingga Pulogebang

"Dari Kementerian PUPR sedang membuat alternatif perencanaan, model bisnisnya, sehingga nantinya akan melihat kelayakan finansial seperti apa, serta model investasi juga harus dikedepankan," katanya.

Sekretaris BPJT Kementerian PUPR Triono Junoasmono juga, adanya rencana pembangunan Jalan Tol Caringin - Cianjur mudah mudahan kemacetan sepanjang 18 Km di wilayah Puncak bisa jauh berkurang.

"Kalau ini bisa didukung, kita bisa melaksanakan proses AMDAL dan FS di tahun 2023, kemudian pengadaan tanah pada tahun 2024 dan konstruksi bisa di mulai pada tahun 2026, dan mudah mudahan bisa dipercepat jika ada pemrakarsanya, namun tetap memperhatiakan tantangan yang pastinya akan banyak dalam pelaksanaan konstruksi di lapangan," ujar Triono.

BACA JUGA:Rancang Gedung Negara di IKN, Kementrian PUPR Buka Sayembara Berhadiah Rp 3,4 Miliar

Sementara Tol Ciawi-Sukabumi yang menjadi bagian Tol Bocimi memiliki 4 Seksi hingga saat ini tengah dilanjutkan konstruksinya dari total panjang keseluruhan 54 Km yang tengah dikerjakan konstruksinya adalah Seksi 2 ruas Cigombong - Cibadak sepanjang 11,90 Km dengan progres konstruksi 79,50% dan ditargetkan selesai konstruksinya pada akhir tahun 2022 mendatang.

Saat ini untuk Seksi 1 sudah beroperasi ruas Ciawi - Cigombong sepanjang 15,35 Km sejak Desember 2018 lalu. Kemudian kedua Seksi lainnya adalah Seksi III ruas Cibadak - Sukabumi Barat sepanjang 13,70 Km dengan progres pembebasan lahan 42,07%, dan Seksi IV ruas Sukabumi Barat - Sukabumi Timur sepanjang 13,05 Km dengan progres pembebasan lahan 9,59%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: