Masuk Gua Batu Hapu Cuma Rp 5.000, Nikmati Geosite Park Maratus yang Memesona

Masuk Gua Batu Hapu Cuma Rp 5.000, Nikmati Geosite Park Maratus yang Memesona

Destinasi wisata yang tak kalah hebat. Inilah Gua Batu Hapu salah satu geosite Geopark Meratus di Kalimantan Selatan masih terjaga eksistensinya hingga sekarang dengan keunikan yang memesona. -Twitter/Indocafe -Disway.id

Melihat keseriusan tersebut, Pemkab Tapin kembali mempromosikan dan meminta dukungan pengembangan pariwisata ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Jakarta, Jumat 10 Juni 2022.

Tidak ketinggalan, geosite purba turut menjadi prioritas pengembangan yang diusulkan, Bupati Tapin M. Arifin Arpan waktu itu.

Menyusul pengembangan wisata Gua Batu Hapu, pemerintah daerah mulai menyusun detailed engineering design (DED) untuk menunjang salah satu geosite Geopark Meratus, yaitu Gua Baramban.

Kawasan pengembangan sudah ada 4,5 hektare lahan, di antaranya untuk membangun zona area parkir dan gerbang, area taman rekreasi, area gua, dan bangunan pendukung lainnya.

“Estimasi rencana anggaran biaya perencanaan objek wisata Gua Baramban Rp 18.771.903.000," ujarnya.

Sayangnya, daerah tidak cukup uang untuk membangun infrastruktur penunjang geosite tersebut. Maka dari itu, Tapin berharap bantuan dari pihak kementerian.

Pengembangan geosite di Tapin direncanakan dikerjakan secara bertahap. Pihak dinas terkait sudah menyatakan mempunyai rencana strategis untuk pengembangan pariwisata.

Hasilnya diniatkan sebagai langkah pembangunan ekonomi masyarakat dan konservasi melalui pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antaranews.com