Kemenlu Berhasil Evakuasi 133 WNI dari Ukraina, Retno Marsudi: Mereka Telah Tiba di Indonesia dengan Selamat!

Kemenlu Berhasil Evakuasi 133 WNI dari Ukraina, Retno Marsudi: Mereka Telah Tiba di Indonesia dengan Selamat!

Retno Marsudi menyebut, dari total 165 Warga Negara Indonesia (WNI) di Ukraina, 133 di antaranya telah berhasil dievakuasi--FIN

JAKARTA, DISWAY. ID - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menyebut, dari total 165 Warga Negara Indonesia (WNI) di Ukraina, 133 di antaranya telah berhasil dievakuasi secara aman. 

Bahkan, kabar terbarunya, semua WNI tersebut telah tiba di tujuannya masing-masing.

"Kami bersyukur bahwa per hari ini, semua WNI yang ingin dievakuasi, telah dievakuasi, dan telah tiba di Indonesia dengan selamat," kata Retno saat Raker dengan Komisi I DPR, Rabu 6 April 2022.

BACA JUGA: Cuaca Panas Terik Beberapa Hari Ini, Begini Penjelasan BMKG

Retno memaparkan, jumlah tersebut terdiri dari 80 WNI mengikuti evakuasi menggunakan pesawat pada gelombang pertama, 34 WNI yang dievakuasi pada gelombang lanjutan, serta 12 WNI yang melakukan evakuasi secara mandiri.

"Selain itu, ada 5 WNI yang mengikuti evakuasi ke Bucharest, tetapi tidak kembali ke Indonesia. Mereka memilih pulang ke negara residensinya, yaitu ke Rusia, Turki, Denmark, dan Qatar," ungkapnya

"Sedangkan 2 WNI yang tadinya menolak untuk dievakuasi, pada komunikasi lanjutan diketahui telah tiba di Indonesia tetapi tidak melaporkan diri," sambungnya.

BACA JUGA:Ramadan, Pemerintah Upayakan Vaksinasi Covid-19 Malam Hari

Sementara di Ukraina, lanjut Retno, saat ini masih ada 32 WNI yang memilih untuk tetap tinggal dan menolak dievakuasi keluar dari zona konlfik.

"Terdiri dari 23 WNI dengan alasan pribadi, termasuk keluarga, dan sisanya adalah staf KBRI yang bertugas di sana," ujarnya.

Retno juga menjelaskan, bahwa proses evakuasi dari medan perang di Ukraina menjadi misi yang paling berat untuk dijalankan.

"Salah satunya adalah ketika mengeluarkan 9 WNI yang terjebak di Chernihiv, di mana membutuhkan waktu 22 hari," terangnya.

"Direktur PWNI (Perlindungan Warga Negara Indonesia), secara khusus berada di Lviv selama 13 hari," lanjutnya.

BACA JUGA:Kemenaker Buka Posko THR 2022, Pengaduan Bisa Langsung di Link Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenlu