Desain Masjid Syaikh Ajlin Gaza, Ridwan Kamil Bangga Berhasil Yakinkan Rakyat Palestina

Desain Masjid Syaikh Ajlin Gaza, Ridwan Kamil Bangga Berhasil Yakinkan Rakyat Palestina

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Youtube-

BANDUNG, DISWAY.ID-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku bangga saat proses pembangunan masjid Sheikh Ajlin di Gaza, Palestina. 

Menurut Ridwan Kamil atau biasa disapa 'Kang Emil' dari sekian banyak karya arsitekturnya, ia menerangkan progres dan proses pembangunan Masjid Syaikh Ajlin di Gaza, Palestina yang desainnya dirancang khusus Kang Emil.

Dan proses itu yang paling membanggakan karena berhasil meyakinkan rakyat Palestina untuk menerima bentuk masjid yang baru.

“Begitu bangganya saya karena berhasil meyakinkan rakyat Palestina untuk menerima bentuk masjid yang modern. Jadi saya diminta rakyat Gaza untuk membangun kembali masjid yang hancur akibat perang,” ungkap Ridwan Kamil saat menghadiri webinar di LPPM Universitas Islam Bandung, Kamis 7 April 2022.

Dalam progresnya kata Kang Emil, pembangunan Masjid Syaikh Ajlin yang berarsitektur kontemporer sudah mencapai 80 persen.

“Sampai saat ini masih dibutuhkan dana untik pembangunan yang sudah mencapai 80 persen. Silakan dari keluarga besar Unisba yang mau menyumbang untuk berbagi buat rakyat Palestina dapat menghubungi lewat Instagram,” ujarnya.

Masjid Syaikh Ajlin sendiri dijelaskan Direktur Aman Palestin Indonesia Miftahuddin Kemal dalam sebuah kesempatan tahun 2021 silam, masjid tersebut dinisbatkan kepada tokoh muhajiddin, ahli syariah, alim ulama dan ahli tasawuf.

"Bayangkan ketika saat masjid tersebut hancur lebur oleh Israel, orang-orang salat di tenda darurat, mereka juga salat di bawah pasir pantai di bawah terik matahari dan di bawah guyuran hujan,” ujar Direktur Aman Palestin Indonesia Miftahuddin Kemal di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu 7 April 2021 silam. 

“Jadi pengakuan dari warga kampung Syaikh ‘Ajlin, masjid ini dipenuhi jamaah yang sampai jumlahnya ribuan saat musim panas. Masjid ini kebanggan bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Sedangkan Gubernur Ridwan Kamil pada kesempatan itu menambahkan, masjid tersebut dirancang dengan mengusung konsep keseimbangan hubungan seorang muslim dengan tuhan, manusia dan alam. 

Konsep itu direpresentasikan lewat tiga bangunan utama masjid yang didesain dengan gaya futuristik.

“Makanya ada struktur yang tinggi di tengah habluminallah, kanan hablumminannas dan hablumminal alam. Bahwa kita harus seimbang dalam hubungan kepada Allah, manusia dan mencintai alam,” ujar Ridwan Kamil.

Masjid Syaikh ‘Ajlin akan dibangun tiga lantai, tak hanya untuk tempat salat, juga akan menjadi tempat belajar atau madrasah. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu berharap masjid ini bisa berfungsi seperti sedia kala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: