Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto Dipanggil Jokowi ke Istana Presiden, Sofyan Djalil: Ngebut Ditanya Reshuffle

Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto Dipanggil Jokowi ke Istana Presiden, Sofyan Djalil: Ngebut Ditanya Reshuffle

Presiden dalam acara Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa, 14 Juni 2022.-Setpres/Muchlis Jr-Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Reshuffle kabinet sepertinya bukan isapan jempol. Spekulasi sejumlah nama yang muncul sejalan dengan kehadiran beberapa Menteri dan kandidat ‘pembantu’ Presiden Joko Widodo ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 14 Juni 2022 petang. 

Salah satu yang diundang yakni Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan diiringi Sofyan Djalil yang lebih dulu singgah di Istana.      

Presiden juga memanggil sejumlah menteri kabinet ke Istana, antara lain, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra, dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

BACA JUGA:Berikut Ini Nama-nama Menteri yang Berpeluang Kena Reshuffle, Ada Wajah Lama Masuk Kabinet

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil terlihat mendatangi kompleks Istana Kepresidenan Jakarta menjelang petang. Kehadirannya kian menambah kuat dugaan di sela santernya perombakan kabinet atau reshuffle bakal dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Sofyan yang dicegat sejumlah wartawan tidak berbicara banyak saat dimintai komentar dan ditanya mengenai agenda apa kedatangannya ke Istana.

“Enggak tahu. Agenda Ibu Kota, kali. Agenda PTSL (pendaftaran tanah sistematis lengkap) kali ya,” imbuhnya kepada wartawan.

Ketika ditanya apakah pemanggilannya terkait dengan isu perombakan kabinet, Sofyan juga tidak memberi jawaban secara tegas. “Enggak tahu, tunggu aja nanti. Tanya Pak Presiden. Enggak, ada rapat aja, kali,” kata Sofyan.

BACA JUGA:Besok Reshuffle Kabinet? Ini Penjelasan Pramono Anung, Angin Segara untuk PAN

Sejumlah elite politik memperkirakan Presiden Jokowi akan melakukan perombakan kabinet Rabu 15 Juni 2022.

Sebelumnya Sekretaris Kabinet Pramono Anung menegaskan bahwa perombakan kabinet hak prerogatif Presiden Jokowi.

“Presiden mau ganti kapan saja, ya terserah Presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa, kewenangan itu sepenuhnya ada pada Presiden,” tegasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: