Malam Ketemu Kiai, Pagi Hari Minum Teh Sambil Dengerin Keluhan Pemulung, Puan: Luar Biasa

Malam Ketemu Kiai, Pagi Hari Minum Teh Sambil Dengerin Keluhan Pemulung, Puan: Luar Biasa

Puan Maharani saat dialog dengan para pemulung di TPA Karangdiyeng, Kutorejo, Mojokerto, Kamis 16 Juni 2022.-DPR RI -Disway.id

MOJOKERTO, DISWAY.ID - Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan Kawasan Green Technology dan Inovasi yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Karangdiyeng, MOJOKERTO, Jawa Timur.

Di lokasi ini, Puan juga mendengarkan keluh kesah pemulung yang sehari-harinya bekerja di TPA Karangdiyeng.

Kawasan Green Technology dan Inovasi di TPA Karangdiyeng merupakan fasilitas pengolahan sampah modern yang digagas oleh anggota fraksi PDI Perjuangan (PDIP) dari tingkat nasional, provinsi, hingga kabupaten/kota.

BACA JUGA:Puan Dapat Julukan Ning dari para Kiai di Jatim, Wah Buat Bekal 'Nyapres' ya?

Metode pengolahan sampah di kawasan ini menerapkan teknologi penghijauan dan lingkungan hidup berbasis modern.

“Apa yang sedang terjadi di TPA Karangdiyeng ini menurut saya luar biasa karena dari TPA Karangdiyeng ini kita menunjukkan bahwa inovasi bisa terjadi dan datang dari mana saja,” kata Puan di TPA Karangdiyeng, Kutorejo, Mojokerto, Kamis 16 Juni 2022.

Puan pun sempat berkeliling di kawasan Green Technology dan Inovasi TPA Karangdiyeng untuk melihat proses pengelolaan sampah. Selain itu, kawasan yang memiliki nilai ekonomi ini memanfaatkan pengolahan sampah untuk dijadikan pakan budidaya ikan seperti larva.

BACA JUGA:Sambangi Sidoarjo, Puan Singgung Mesin Partai sampai Sosok Seseorang, Siapa Orang yang Dimaksud?

Pemanfaatan sampah di TPA Karangdiyeng juga dilakukan dengan menghasilkan pupuk cair untuk membantu mengembangkan produksi pertanian, perkebunan, peternakan.

Daur ulang sampah di kawasan tersebut pun dilakukan dalam bidang konstruksi bangunan dengan memproses genting dan paving block.

“Proses pengolahan sampah secara modern itu bisa menghasilkan nilai ekonomis yang tinggi dan bermanfaat bagi rakyat,” kata Puan sambil melihat budidaya ikan Lele yang berada di Kawasan Green Technology dan Inovasi TPA Karangdiyeng.

BACA JUGA:Banjir ROB Tenggelamkan 50 Rumah, 280 Petak Tambak Warga di Bima Terimbas

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu juga melakukan penanaman pohon kelapa di TPA yang berkonsep seperti taman itu. Usai menaman pohon, Puan lalu menemui sejumlah pemulung untuk berdialog.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: