50 Ternak Sapi di Rejang Lebong Terserang Wabah PMK

50 Ternak Sapi di Rejang Lebong Terserang Wabah PMK

Hewan ternak yang telah mendapatkan PMK diberikan tanda di bagian telinga dengan QR Code untuk pendataan bahwa hewan tersebut telah menrima vaksin pertama -Boy Slamet-

BENGKULU, DISWAY.ID-Wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) menyerang Kabupaten Rejang Lebong (RL), BENGKULU. Hingga 16 Juni 2022 tercatat sedikitnya ada 50 ekor sapi yang dilaporkan terserang wabah PMK.

Dinas Pertanian dan Perikanan (DPP) sudah mengambil sampel tiga ekor sapidiserang dan memang dinyatakan terinfeksi PMK.

"Beberapa waktu lalu, kita sudah melakukan uji sampel PCR terhadap tiga ekor ternak sapi ke Balai Veteriner Lampung. Karena memang gejala dan ciri – cirinya terindikasi wabah PMK. Hasil PCR memang ketiga sapi tersebut dinyatakan terinfeksi wabah PMK,’’ kata Kepala DPP Kabupaten RL Zulkarnain.

BACA JUGA:316 Ternak Sapi Provinsi Banten Sembuh PMK

Meski belum ada laporan hewan ternak yang mati akibat wabah tersebut namun untuk mengantisipasi wabah meluas DPP akan karantina ternak yang terinfeksi. 

BACA JUGA:PMK Hewan Masuk Bengkulu, Gubernur Perketat Pengawasan

DPP juga akan melakukan penyemprotan kandang dengan cairan disinfektan. Selain itu melalui Satgas PMK, DPP juga akan rutin memeriksa lalu lintas ternak.

"Serta memberikan edukasi kepada peternak guna menjaga kebersihan kandang maupun langkah – langkah yang bisa dilakukan dalam penanganannya,’’ imbuh Zulkarnain. (dtk)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: