Jakarta Ulang Tahun, Ini 5 Rekomendasi Tempat Wisata Bersejarah yang Wajib Dijelajahi

Jakarta Ulang Tahun, Ini 5 Rekomendasi Tempat Wisata Bersejarah yang Wajib Dijelajahi

Monas, salah satu tempat wisata bersejarah di Jakarta Foto: Instagram/ @monumen.nasional--

BACA JUGA:TransJakarta MRT dan LRT Gratis Dihari Ulang Tahun Jakarta ke 495 Rabu 22 Juni

Selain berwisata sejarah, kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan bersepeda berkeliling area Kota Tua, hunting foto, bermain skateboard, atau sekadar duduk-duduk santai sambil menikmati matahari terbenam.

3. Pelabuhan Sunda Kelapa

Mau berwisata di daerah pesisir Jakarta? Kamu bisa banget mendatangi pelabuhan Sunda Kelapa. Pada zaman dahulu, di masa penjajahan Hindu Pajajaran, Sunda Kelapa menjadi salah satu kawasan tersibuk, sebagai pusat perdagangan sekaligus tempat persinggahan kapal. 

Sampai saat ini, kamu masih bisa menikmati pemandangan kapal yang berjejer di dermaga sebagai pemandangan khasnya. Jika ingin mendapat view lebih cantik, kamu bisa mendatanginya saat sore menjelang matahari terbenam.  

4. Gedung Kesenian Jakarta

Gedung Kesenian Jakarta merupakan bangunan peninggalan masa pemerintahan Inggris di Indonesia. Dikutip dari Cagar Budaya Kemendikbud, semula tempat ini terbuat dari kayu, bambu, dan rumbai. Dahulu, tempat ini menjadi lokasi para serdadu Inggris melakukan teater.

Hingga saat masa kolonial Belanda, tempat satu ini diubah menjadi gedung kesenian yang permanen. Hingga kini, Gedung Kesenian Jakarta masih aktif beroperasi, yang digunakan sebagai tempat menyelenggarakan berbagai kegiatan seni. 

5. Gedung Bappenas

Terletak di Menteng, gedung satu ini dibangun pada awal pemerintahan Kotapraja Batavia. Dulunya, tempat ini menjadi lokasi perkumpulan kebatinan Ster van het Oosten.

Perkumpulan ini merupakan bagian dari gerakan spiritual masoni atau freemasonry yang muncul pada adab ke-16 dan 17 di Skotlandia dan Inggris.

Kemudian, ajarannya menyebar hingga ke seluruh dunia. Salah satu ciri gerakan ini adalah sering mengadakan ritual di loji rahasia. Kini menjadi Gedung Bappenas , dahulu tempat satu ini sebagai loji setan. Terlepas dari segala kemisteriusannya, Gedung Bappenas menjadi tempat bersejarah di Jakarta yang harus terus dijaga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: