Sepekan 5 kali Amankan Hewan Liar, Damkar Kota Bekasi Ungkap Penyebab Ular Hingga Biawak Menyelinap ke Rumah

Sepekan 5 kali Amankan Hewan Liar, Damkar Kota Bekasi Ungkap Penyebab Ular Hingga Biawak Menyelinap ke Rumah

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi pekan ini sudah tangani 5 jenis ular yang masuk ke pemukiman warga--

BEKASI, DISWAY.ID - Satwa liar belakangan ini sudah mulai banyak masuk ke pemukiman warga. Belakangan Petugas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi semakin sering mengevakuasi satwa seperti ular sanca, ular kobra serta biawak yang masuk ke dalam rumah warga.

Hal tersebut dibenarkan oleh Rahmat selaku Danru Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, ia mengungkapkan dalam seminggu ini pihaknya sering mendapat laporan adanya satwa liar yang masuk ke dalam rumah.

"Iya cukup banyak kita mendapat laporan satwa liar masuk rumah, seminggu ini pihak kami kurang lebih 5 ular kita evakuasi," ucap Rahmat saat di konfirmasi, Sabtu (19/3/2022).

Rahmat pun menyampaikan petugas damkar telah dilatih guna melakukan penanganan satwa liar yang masuk ke dalam rumah, terutama satwa berbahaya seperti ular berbisa.

BACA JUGA:Nia Ramadhani Gugat Cerai Ardie Bakrie? Orang Ini Ungkap Fakta yang Sesungguhnya

"Kami dari alat-alat untuk evakuasi hewan pun sudah lengkap disediakan, ditambah petugas kami juga dilatih guna menangani hewan liar," ungkapnya.

Saat ditemui DNN (Disway National Network), Maharani selaku ketua umum Komunitas Musang Patriot (KOMPAK), salah satu komunitas reptil besar di kota Bekasi itu menjelaskan, bahwa memang saat ini sudah banyak hewan liar terutama ular semakin mendekat ke pemukiman warga kota Bekasi.

Menurutnya hal itu bisa terjadi karena saat ini habitat alamiah hewan liar di kota Bekasi sudah semakin menipis, banyak lahan kosong luas dihilangkan guna dibangun pemukiman atau gedung besar.

"Kalo ular sudah masuk ke pemukiman itu biasanya karena habitatnya sudah mulai berkurang, lalu habitat yang tersisa dibongkar sama manusia, jadinya mau gak mau ular jadi masuk ke rumah warga," terangnya.

BACA JUGA:Duh, Bikin Ngilu! Cincin Tersangkut di Jari Warga Margahayu Bekasi, Damkar: 30 Menit Kelar

Selain karena habitatnya mulai berkurang, ketersediaan makanan di sekitar pemukiman warga memang sangat tersedia seperti tikus, ayam bahkan hewan ternak seperti kambing dan sapi bisa dimakan oleh ular.

"Sebenarnya satwa liar kaya ular itu secara alamiah bisa terganggu hidup di pemukiman warga, namun satwa itu mau tidak mau akan beradaptasi sendiri karena lahan hidupnya sudah tidak ada, ditambah memang ada makanan di lingkungan pemukiman warga," jelasnya.

Sebagai pencinta reptil, Maharani mengimbau kepada masyarakat jika menemukan satwa liar terutama ular yang masuk di rumahnya untuk tidak panik dan jangan dibunuh.

Lebih baik ditangani terlebih dahulu dengan cara pakai sapu digeser ke pojokan, lalu hubungi pihak pemadam kebakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: