Sudah Tahu Belum? Pemerintah Indonesia Naikkan PPKM ke Level 2, Ternyata PPKM Itu...

Sudah Tahu Belum? Pemerintah Indonesia Naikkan PPKM ke Level 2, Ternyata PPKM Itu...

Ilustrasi megenakan masker saat masa PPKM level 2-Coyot-Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pemerintah Indonesia telah mengumumkan jika wilayah Jabodetabek kembali diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Aturan ini diberlakukan mulai tanggal 5 Juli hingga 1 Agustus 2022. PPKM diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 33 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan PPKM Level 2 dan Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Lantas, apa itu artinya PPKM level 2? Apa pula peraturan yang menyertainya? Untuk lebih jelasnya, kamu dapat menyimak informasi yang dirangkum pada artikel di bawah ini.
 
BACA JUGA:Jalan Gatsu Cimone Tangerang Diselimuti Asap Putih Tebal, Ternyata Ini Penyebabnya

Merujuk pada rekomendasi World Health Organization (WHO), PPKM level tergolong menjadi empat bagian, yakni PPKM level 1, PPKM level 2, PPKM level 3 dan PPKM level 4.
 
Menurut WHO, PPKM level 2 berarti angka kasus COVID-19 di suatu daerah antara 20 dan kurang dari 50 orang per 100 ribu penduduk per minggunya.

Sementara, mengacu pada Salinan Inmendagri 23/2022, berikut adalah beberapa aturan yang berlaku saat masa PPKM level 2.

Aturan PPKM Level 2 Jakarta untuk PTM (Pertemuan Tatap Muka)- Kegiatan Kerja

1. Pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan/atau secara jarak jauh.

2. Kegiatan pada sektor non esensial diberlakukan maksimal 75% WFO bagi pegawai yang sudah divaksin dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

3. Kegiatan pada sektor esensial (keuangan dan perbankan, pasar modal, teknologi informasi dan komunikasi, perhotelan non penanganan karantina, industri orientasi ekspor dan penunjangnya) dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 75% bagi staf pelayanan masyarakat dan 50% bagi staf pelayanan administrasi perkantoran, serta wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.
 

4. Kegiatan esensial pada sektor pemerintahan dapat beroperasi 100% bagi staf pelayanan masyarakat dan 50% bagi staf pelayanan administrasi perkantoran, serta wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

5. Kegiatan konstruksi untuk infrastruktur publik dan konstruksi swasta (tempat konstruksi dan lokasi proyek) beroperasi 100% dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Aturan PPKM Level 2 Jakarta di Pasar Rakyat dan Pusat Perbelanjaan

1. Pasar rakyat yang menjual barang non kebutuhan sehari-hari dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 75% dan jam operasional hingga pukul 22.00 waktu setempat.

2. Kegiatan pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, barbershop/pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai pukul 22.00 waktu setempat.

3. Kegiatan di pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan dibuka dengan kapasitas maksimal 75% hingga pukul 22.00 waktu setempat.

4. Bioskop dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 75%.

5. Kegiatan di pusat perbelanjaan dan di bioskop wajib dengan menunjukkan bukti vaksinasi bagi anak usia dibawah 12 tahun dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi dengan status Hijau bagi semua pengunjung dan pegawai.

Aturan PPKM Level 2 Jakarta untuk Makan/Minum di Tempat Umum

1. Kegiatan makan/minum di warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka hingga pukul 22.00 waktu setempat dengan maksimal pengunjung 75% dan waktu makan maksimal 60 menit.

2. Kegiatan makan/minum di restoran/restoran/rumah makan, kafe dengan lokasi yang
berada dalam gedung/toko atau area terbuka baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mall diizinkan buka hingga pukul 22.00 dengan kapasitas maksimal 75%, waktu makan maksimal 60 menit, dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi dengan status Hijau.
 
BACA JUGA:Pantun Sindiran Rocky Gerung ke Jokowi: ‘Beli Kedondong Jangan Diborong, Sekali Melancong Jangan Berbohong'

3. Kegiatan makan/minum di restoran/rumah makan, kafe dengan jam operasional dimulai dari malam hari dapat beroperasi dengan jam operasional pukul 18.00-02.00 waktu setempat, kapasitas 75%, waktu makan maksimal 60 menit, dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi dengan status Hijau.

Aturan PPKM Level 2 Jakarta untuk Berkegiatan di Tempat Umum

1. Kegiatan di tempat ibadah (Masjid, Musholla, Gereja, Pura, Vihara, dan Klenteng serta tempat lainnya) diizinkan dengan kapasitas maksimal 75%.

2. Kegiatan pada fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum, dan area publik lainnya) diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 75%.

3. Kegiatan seni, budaya, olahraga, dan sosial kemasyarakatan diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 75%.

4. Kegiatan di pusat kebugaran/gym diizinkan dengan kapasitas maksimal 75%.
 
BACA JUGA:Beredar Kabar Indonesia Akan Turun Salju Bulan Agustus 2022? Begini Faktanya...

5. Transportasi umum diberlakukan dengan kapasitas maksimal 100%.

6. Pelaksanaan resepsi pernikahan dapat diadakan dengan maksimal 75%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: