UAH Kisahkan Prabu Siliwangi Islam karena Lantunan Ayat Alquran dari Santri Syekh Quro

UAH Kisahkan Prabu Siliwangi Islam karena Lantunan Ayat Alquran dari Santri Syekh Quro

Sejarah prabu Siliwangi memeluk agama islam -kisahSejarah-

JAKARTA, DISWAY.ID-Pahlawan Nasional Pattimura belakangan ramai dibincangkan. Ramainya pembicaraan tentang Pattimura berawal dari potongan ceramah Ustaz Adi Hidayat yang menyebut bahwa nama asli pahlawan asal Maluku itu bukan Thomas Matulesi.

Ustaz Adi Hidayat (UAH) tak hanya menceritakan sejarah nama asli Pattimura tapi juga menceritakan tentang Prabu Siliwangi

Dalam potongan ceramah yang viral baru-baru ini, Ustadz Adi Hidayat menyebut Kapitan Pattimura memiliki nama asli yakni Ahmad Lussy bukan Thomas Matulesi seperti yang dikenal selama ini.

Pada ceramah lain yang tidak kalah heboh, UAH juga menceritakan bagaimana Prabu Siliwangi akhirnya memeluk agama Islam.

BACA JUGA:Nama Asli Kapitan Pattimura Diperdebatkan, Ustaz Adi Hidayat: Siapa yang Permainkan Sejarah Kita?

Peristiwa Prabu Siliwangi beragama Islam tersebut, menurut UAH, di tengah terjadinya inspeksi di wilayah kerajaan dan mampir di wilayah yang saat ini menjadi Kabupaten Subang.

Pada perjalanan inspeksi itu, Prabu Siliwangi mendengar seorang wanita mengaji yang merupakan santri dari Syekh Quro bernama Subang Larang.

Singkat cerita, karena terpikat dengan kecantikan dan lantunan ayat Alquran itu, Prabu Siliwangi kemudian meminta izin untuk menikahi.

Tetapi Syekh Quro tidak langsung mengiyakan dan memberikan syarat untuk menjadi mualaf atau masuk Islam.

Prabu Siliwangi merupakan seorang penguasa Sunda-Galuh yang mendapatkan gelar sebagai Sri Baduga Maharaja Ratu Haji yang berada di  Pakuan Pajajaran Sri Sang Raru Dewata.

Prabu Siliwangi menikahi istri yang pertamanya yang bernama Nyimas Ambetkasih (cirebon) yang merupakan puteri dari Ki Gedeng Sindangkasih. 

Prabu Siliwangi menikahi istri yang ke-2 yaitu yang bernama Nyimas Subang larang yang merupakan putri dari Subang Keranjang. 

Prabu Siliwangi menikahi istri yang ke-3 yang bernama Nyai Ratu Kentring Manik Mayang Sunda (Nyimas Padmawati) yang merupakan putri dari  Prabu Susuk  Tunggal dari Galuh Kawil.(yud/RadarCirebon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: