Tegas, Ustaz Adi Hidayat Peringatkan Puasa Arafah Hanya Satu Hari dalam Setahun: Keutamaannya Luar Biasa!

Tegas, Ustaz Adi Hidayat Peringatkan Puasa Arafah Hanya Satu Hari dalam Setahun: Keutamaannya Luar Biasa!

Ustaz Adi Hidayat saat menjelaskan rahasia puasa Arafah di tanggal 9 Dzulhijjah-Tangkapan Layar/Adi Hidayat Official-YouTube

Ya, keutamaan puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah adalah meraih ampunan dosa satu tahun lalu dan satu tahun ke depan.

Waktu puasa Arafah 9 Dzulhijjah tersebut hanya terdapat dalam satu hari dalam setahun, sehingga Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkannya.

Ustaz Adi Hidayat menyebutkan, konteks dari puasa Arafah tentunya perlu dipahami bahwa ibadah ini bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus serta hawa nafsu.

"Artinya dalam konteks penunaian puasa ini, kita bukan sekedar diminta oleh Rasulullah berpuasa secara fisik (makan dan minum, serta berhubungan seksual), lebih daripada itu, karena puasa ini potensinya dengan izin Allah bisa menggugurkan dosa setahun lalu," terang Ustaz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Terjadi Perbedaan Hari Raya Idul Adha di Indonesia, Masjid Ini Bakal Gelar Salat Id Dua Kali

Kata Ustaz Adi Hidayat, tuntunan untuk meraih dua pahala pengampunan dosa satu tahun lalu dan dosa satu tahun ke depan, terdapat syarat dan ketentuan yang perlu dipraktekan oleh umat Muslim.

"Karena itu, cara mengisinya akan lebih baik jika kita iringi dengan mengevaluasi kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat oleh kita dan berpotensi dosa, setidaknya setahun ke belakang," ujarnya.

Katanya, momen puasa Arafah di Indonesia harus dilakukan dengan khusyuk sebagaimana jemaah Haji yang sedang wukuf di Arafah.

Pada rangkaian ibadah tersebut, jemaah Haji akan berdiam dan merenungkan diri dan memanjatkan doa-doa terbaik selama wukuf di Arafah.

BACA JUGA:Terbaru, Habib Novel Tanggapi Perbedaan Idul Adha di Indonesia dan Arab Saudi: Njenengan Ikut Siapa Sakarepmu

"Jadi seperti orang wukuf di Arafah, mereka merenung, berkontemplasi, merenungkan kesalahan-kesalahan, mengakui dosa-dosa, sehingga dengan pengakuan itu dan komitmen untuk meninggalkannya, akan merubah pribadi mereka lebih baik setelah menyelesaikan rangkaian ibadah Haji, pulang meninggalkan segala keburukan, menanggalkan segala seluruhnya dan bertransfromasi menjadi manusia lebih mulia.

"Pun demikian orang yang belum berkesempatan untuk berhaji, tepat di momentum yang sama, Nabi meminta untuk menunaikan puasa dan mengisi puasa itu dengan kontemplasi renungan seperti orang wukuf, yang berada di Arafah," jelas Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat menyarankan agar orang yang berpuasa Arafah pada 9 Dzulhijjah di Indonesia, melakukan serangkaian ibadah berdoa dengan sungguh-sungguh.

"Maka dia ingat dosa-dosanya, hubungan dia dengan Allah, hubungan dia makhluk, hubungan dia dengan orangtua, istri, suami, dengan anak-anak, dengan tetangga, demikian seterusnya.

BACA JUGA:Idul Adha di Indonesia Pakai Metode Apa? Ustaz Adi Hidayat: Ini Kuncinya Ada di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: