Tegas, Ustaz Adi Hidayat Peringatkan Puasa Arafah Hanya Satu Hari dalam Setahun: Keutamaannya Luar Biasa!

Tegas, Ustaz Adi Hidayat Peringatkan Puasa Arafah Hanya Satu Hari dalam Setahun: Keutamaannya Luar Biasa!

Ustaz Adi Hidayat saat menjelaskan rahasia puasa Arafah di tanggal 9 Dzulhijjah-Tangkapan Layar/Adi Hidayat Official-YouTube

JAKARTA, DISWAY.ID-- Mengenai ibadah puasa sunnah Arafah, Ustaz Adi Hidayat sangat menekankan pentingnya umat Islam untuk melaksanakannya.

Tentu saja, kata Ustaz Adi Hidayat, umat Islam yang dimaksud ini bagi yang memang belum diberi kemampuan untuk berhaji, sehingga dianjurkan untuk melakukan ibadah puasa Arafah.

Tahun 1443 Hijrian kali ini memang terjadi perbedaan waktu penetapan tanggal 1 Dzulhijjah yang berdampak kepada puasa Arafah 9 Dzulhijjah dan Hari Raya Idul Adha pada 10 Dzulhijjah.

BACA JUGA:Pendapat Ustaz Syafiq Basalamah Tegas Soal Perbedaan Puasa Arafah di Indonesia dan Arab: Kita Puasa Tanggal...

Terlepas adanya perbedaan, dalam sebuah video ceramahnya terkait keutamaan puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah, Ustaz Adi Hidayat memberi wejangan betapa pentingnya hari tersebut.

Mengenai hal ini, Ustaz Adi Hidayat memberi penjelasan, sebagaimana Disway.id simak pada tayangan YouTube di kanal resminya dengan judul: RAHASIA 9 DZULHIJJAH - Ustadz Adi Hidayat, yang diunggah pada tahun 2021 lalu.

Dalam pembukaannya, Ustaz Adi Hidayat menyebutkan terdapat satu waktu di bulan Dzulhijjah yang amat penting dan ibadah yang sangat spesifik untuk ditunaikan.

Yakni puasa Arafah, atau puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah, di mana semua jemaah Haji sedang menunaikan rukun ibadahnya, berdiam diri, merenung, muhasabah dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Ketegasan Ustaz Syafiq Soal Perbedaan Puasa Arafah di Indonesia dan Arab: Ibadah Kita di Indonesia Bukan Wukuf

Pendakwah lulusan S2 Islamic Call College di Libya itu memberikan satu hadist Nabi Muhammad SAW, terkait keutamaan puasa Arafah.

Keutamaan puasa Arafah inilah yang ditekankan Ustaz Adi Hidayat, lantaran sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

"Nabi pernah memberikan informasi sejak 14 abad lalu bahwa hari ini menjadi spesial dengan satu ibadah yang sangat spesifik, yang disebut oleh beliau Syiam.

"Yakni puasa yang ditunaikan sesuai ketentuan syariat. Beliau mengatakan (membacakan hadist Nabi) yang artinya; 'Sungguh, puasa yang ditunaikan di hari yang bertepatan dengan momentum Arafah, aku berharap pahalanya di sisi Allah SWT bisa menggugurkan dosa-dosa setahun berlalu dan menjaga perbuatan dosa setahun yang akan datang," beber Ustaz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Ajakan Puasa Arafah Meski Tak Sama, Ustaz Adi Hidayat Beri Tuntunan Begini: Nabi Pernah Memberikan...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: