Daftar Menlu Hadiri Acara G20 di Bali, Siapa Saja?

Daftar Menlu Hadiri Acara G20 di Bali, Siapa Saja?

Sejumlah Menlu negara hadiri pertemuan G20 di Bali-ilustrasi-

JAKARTA, DISWAY.ID - Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan puncak menteri luar negeri anggota G20 atau FMM G20 akan diadakan di Bali mulai Kamis 7  hingga Jumat 8 Juli 2022.

Bersamaan dengan itu, berlangsungnya acara pertemuan menlu anggota G20 ini ketika invasi Rusia ke Ukraina masih terus berlanjut.  

Alhasil, sejumlah negara anggota G20 seperti Amerika Serikat, Inggris, Prancis, hingga Uni Eropa menolak keras keikutsertaan delegasi Rusia dalam forum tersebut.

Meski begitu, sebagai tuan rumah G20 tahun ini, Indonesia tetap berupaya mempertahankan kekompakan G20 dengan fokus pada agenda kerja sama global dan juga mengundang seluruh negara anggota, termasuk Rusia.

BACA JUGA:Punya Utang Puasa Ramadan Tapi Ingin Puasa Arafah Apakah Boleh? Buya Yahya Tegas Melarang, Ini Penjelasannya

Kemlu RI menuturkan, pertemuan Menlu G20 akan dibagi menjadi dua sesi yakni Penguatan Multilateralisme dan Ketahanan Pangan serta Energi. 

"Sesi pertama akan membahas langkah-langkah bersama untuk memperkuat kolaborasi global dan membangun rasa saling percaya antar negara, yang akan menjadi lingkungan pendukung bagi stabilitas, perdamaian, dan pembangunan dunia," demikian bunyi pernyataan Kemlu RI, Kamis 7 Juli 2022.

Adapun dua pembicara khusus akan berbagi ide dalam sesi ini, yaitu Sekjen PBB Antonio Guterres dan Prof. Jeffrey Sachs (Columbia University). 

"Mereka akan berbagi pandangan tentang pemberdayaan prinsip dan forum multilateral di tengah situasi geopolitik saat ini," ujar Kemenlu.

Kemudian pada sesi kedua yakni tentang Ketahanan Pangan dan Energi akan membahas langkah-langkah strategis untuk mengatasi krisis pangan, kelangkaan pupuk, dan kenaikan harga komoditas global.

Naiknya harga komoditas dan terganggunya rantai pasokan global berdampak besar pada negara-negara berkembang, kata Kemlu RI.

"Untuk itu, G20, sebagai forum ekonomi yang mewakili berbagai kawasan di dunia, memiliki kekuatan untuk membahas isu-isu tersebut secara komprehensif untuk menemukan solusi sosial ekonomi yang berkelanjutan," pungkasnya.

BACA JUGA:Breaking News: Raheem Sterling Selangkah Lagi Jadi Milik The Blues Chelsea!

Berikut daftar menteri yang akan menghadiri FMM G20 di Bali 2022:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: