Inilah Detik-detik Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak 3 Kali oleh Tetsuya Yamagami di Nara

Inilah Detik-detik Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak 3 Kali oleh Tetsuya Yamagami di Nara

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meninggal dunia setelah ditembak dengan senjata rakitan dari belakang pada Jumat pagi di Nara.-Tangkapan Layar/Youtube/TheStraitsTime-disway.id

Ia bekerja untuk meningkatkan hubungan dengan mitra dagang terbesarnya Tiongkok, yang paling bermusuhan dalam beberapa dekade ketika dia menjabat.

Abe sosok paling dikenal karena rencananya untuk menghidupkan kembali ekonomi Jepang yang lesu melalui pelonggaran moneter.

BACA JUGA:3 Sendok Helium-3 Gantikan 5.000 Ton Batu Bara, Amerika-Jepang Sepakat Eksploitasi Bulan dan Mars

Langkah ini belum pernah terjadi sebelumnya dan reformasi peraturan yang akhirnya diberi label "Abenomics". 

Dia dipandang sebagai tangan yang matang dalam mengkonsolidasikan kekuatan.

Abe juga mampu mengatasi skandal. Ini termasuk salah satu yang terungkap pada tahun 2017 atas alokasi lahan pemerintah yang dipertanyakan untuk sekolah yang diberikan kepada rekanan Abe dan istrinya Akie.

Abe memainkan peran utama dalam memenangkan Olimpiade 2020 untuk Tokyo, yang kemudian ditunda satu tahun hingga 2021 karena pandemi Covid-19.

BACA JUGA:Canggih! Perusahaan Asal Jepang Temukan Obat yang Mampu Basmi Covid-19 Dalam Waktu 'Sekejap'

"Abe-san telah menjadi pemimpin Jepang yang luar biasa dan sekutu Amerika Serikat yang tak tergoyahkan," kata duta besar AS Rahm Emanuel dalam sebuah pernyataan. 

“Pemerintah AS dan rakyat Amerika berdoa untuk kesejahteraan Abe-san, keluarganya, dan rakyat Jepang,” imbuhnya.

Thailand juga menyatakan keprihatinannya atas penembakan itu. Tanee Sangrat, Direktur Jenderal Departemen Penerangan dan juru bicara Kementerian Luar Negeri, pihaknya terkejut atas peristiwa ini.

“Mengejutkan bahwa insiden seperti itu terjadi di negara damai seperti Jepang, (dengan mana) Thailand memiliki hubungan yang sangat istimewa,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nhk