Fenomena Matahari Tepat di Atas Ka`bah 15 dan 16 Juli 2022, Cek Arah Kiblat!

Fenomena Matahari Tepat di Atas Ka`bah 15 dan 16 Juli 2022, Cek Arah Kiblat!

Jemaah haji di Kakbah.--

JAKARTA, DISWAY.ID-- Akan terjadi fenomena Matahari melintas tepat di atas Ka`bah pada 15 dan 16 Zulhijah 1443 H atau pada 15 dan 16 Juli 2022.

Dengan fenomena matahari tepat di atas ka`bah ini, bisa menjadi waktu tepat untuk memverifikasi arah kiblat.  

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kementerian Agama Adib menjelaskan fenomena matahari tepat di atas ka`bah ini dikenal dengan istilah Istiwa A'zam atau Rashdul Kiblat.

BACA JUGA:Prabu Siliwangi Beragama Islam Kata Ustaz Adi Hidayat, Begini Ceritanya..

"Peristiwa Istiwa A'zam atau Rashdul Kiblat akan terjadi pada pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA. Matahari melintas tepat di atas Ka'bah sehingga bayang-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus dimana saja akan mengarah lurus ke Ka'bah," kata Adib.

Ia menambahkan berdasarkan tinjauan astronomi/ilmu falak terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan untuk mengecek atau memverifikasi arah kiblat.

Di antaranya mengunakan kompas theodolite serta fenomena posisi matahari tepat di atas Ka'bah.

"Bagi umat Islam yang bertempat tinggal di Wilayah Waktu Indonesia Timur tidak mendapatkan peristiwa Istiwa A'zam atau Rashdul Kiblat karena matahari sudah terbenam sehingga tidak dapat menghasilkan bayang-bayang benda," jelas Adib.

BACA JUGA:Libur Idul Adha dan Cuti Bersama Menurut SKB 3 Menteri

BACA JUGA:UAH Sebut Nama Asli Kapitan Pattimura, Pengamat Politik: Masih Keukeuh Ngeyel Juga?

Adib menambahkan, Kementerian Agama mengimbau umat Islam yang mempunyai pedoman arah kibrat dapat menyesuaikan dengan arah bayang-bayang benda tersebut. 

"Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pedoman arah kibla tadalah, pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau mengunakan Lot/Bandul, permukaan dasar harus datar dan rata serta jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG,RRI dan Telkom," ujar Mantan Kakanwil Kemenag Jawa Barat ini.

BACA JUGA:Izin ACT Dicabut, Cak Imin Ajak Masyarakat Donasi ke Lazisnu

BACA JUGA:Masih Ingat Pria Nikahi Kambing Betina Bernama Sri Rahayu? Kini 4 Orang Jadi Tersangka Penistaan Agama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: