Kolesterol Mengancam Usai IdulAdha, Tenang Begini Cara Mengatasinya

Kolesterol Mengancam Usai IdulAdha, Tenang Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi sate . Penderita darah tinggi disarankan memilih bagian daging kambing yang tidak berlemak. --

JAKARTA, DISWAY.ID - Menyantap hidangan di momen Hari Raya IdulAdha pastinya penuh dengan ancaman kolesterol.

Ya, bukan rahasia lagi, ketika IdulAdha bahan baku olahan daging kambing sangat begitu menggoda mata dan lidah. Mulai dari Sate hingga sop.

Kolesterol sendiri merupakan lemak alami yang diproduksi oleh tubuh. 

Kolesterol juga bisa berasal dari makanan hewani. Seperti daging merah, termasuk diantaranya daging kambing, serta sajian yang mengandung santan mengandung kolesterol tinggi.

Kolesterol disebut menjadi salah satu faktor risiko utama sejumlah penyakit kronis. Tingginya kadar kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

BACA JUGA:Harga Emas Pegadaian 11 Juli 2022, UBS Rp 945.000 per Gram

Meski begitu, anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara menurunkan kadar kolesterol dengan cepat yang bisa Anda lakukan.

1. Kurangi asupan lemak jenuh

Dalam beberapa hari ke depan, Anda perlu mengurangi asupan lemak jenuh. Apalagi jika sebelumnya Anda telah berpesta dengan berbagai sajian daging kurban.

Mengutip Medical News Today, hindari beberapa makanan seperti daging sapi atau daging merah lainnya, kulit ayam, mentega, dan keju.

Kurangi juga penggunaan minyak sawit atau minyak kelapa berlebih. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang lebih kaya akan lemak tak jenuh tunggal.

2. Tambah asupan lemak tak jenuh

Kebalikan dari lemak jenuh, lemak tak jenuh justru bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Misalnya saja alpukat, kacang almond, biji-bijian, serta berbagai pilihan minyak nabati.

Menambah asupan lemak tak jenuh bisa jadi salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat. 

Sumber: