PKL Kota Tua Direlokasi, Pedagang Tanggapi Begini

PKL Kota Tua Direlokasi, Pedagang Tanggapi Begini

Satpol PP menertibkan PKL di kawasan Kota Tua.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID-Ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, direlokasi untuk menempati lokasi yang telah disediakan. 

Adapun lokasi tersebut yaitu di Lokasi Binaan (Lokbin), Kota Intan sebanyak 457 titik dan Cipta Niaga dengan 120 titik. 

"Di lokbin Kota Intan ada 457 dan di Cipta Niaga ada daya tampung 120" kata Camat Tamansari, Agus Sulaiman saat ditemui di Kota Tua, Jakarta Barat, Senin, 11 Juli 2022.

Dari pantauan Disway.id, sudah banyak PKL yang dipindahkan ke Lokbin. Meskipun sudah pindah, ada beberapa PKL yang meresa berat hati untuk berpindah dari lokasi sebelumnya. 

BACA JUGA:Satpol PP Mulai Relokasi Ratusan PKL di Kota Tua

Salah satunya adalah pedagang kaca mata, Iwan(33). Ia mengaku bahwa dirinya tidak ingin pindah dari lokasinya yang berada di kawasan Kota Tua, tepatnya di pintu masuk Kota Tua, dekat dengan proyek revitalisasi trotoar. 

Iwan mengatakan bahwa dirinya tidak ingin pindah dari lokasinya lantaran takut hasil jualannya akan menurun.  "Ya sebenarnya engga mau karena lokasinya sepi," ujar Iwan saat ditemui Disway.id.

Tidak hanya itu, ia juga merasa biaya yang harus dikeluarkan untuk sewa tempat cukup mahal baginya. 

"Biayanya juga mahal, depositnya Rp 2 juta, bulanannya Rp 1 juta dan hariannya Rp 4.000," imbuh Iwan yang sudah berjualan selama enam tahun di Kota Tua. 

Berbeda dengan Iwan, masih ada beberapa pedagang yang merasa senang bisa pindah ke lokasi binaan. 

Salah satunya adalah Marni. Dirinya merasa bersyukur bisa berjualan di Lokbin karena kondisi lokasi yang bersih dan aman. 

"Bersyukur sih karenakan disini lokasinya lebih aman dan bersih, engga ada debu juga apalagi preman," kata Marni yang merupakan pedagang minuman ringan di Lokbin Kota Intan. 

Saat ditanya keuntungan yang didapat selama di lokbin, dirinya mengaku bahwa mendapatkan pemasukan yang cukup baik. Akan tetapi dirinya enggan untuk menyebutkan pendapatannya. 

Selain itu, dirinya juga merasa senang lantaran dalam waktu dekat lokasi tersebut akan kembali ramai oleh para PKL lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: