10 Ribu Guru Agama Akan Diberi Beasiswa Pendidikan Profesi Guru

10 Ribu Guru Agama Akan Diberi Beasiswa Pendidikan Profesi Guru

Kemenag RI -Istimewa-kemenag.go.id-

JAKARTA, DISWAY.ID-Sebanyak 10 ribu guru binaan Kementrian Agama, yang tersebar di Ditjen Pendidikan Islam, Ditjen Bimas Kristen, Ditjen Bimas Katolik, Ditjen Bimas Hindu, dan Ditjen Bimas Budha akan mendapatkan beasiswa Pendidikan Profesi Guru. 

Program ini dijelaskan Kementrian Agama merupakan salah satu dari 10 program beasiswa hasil kerjasama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementrian Keuangan.

Sekretaris Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Rohmat Mulyana Sapdi menyampaikan bahwa program ini bagian dari upaya Kemenag meningkatkan kualifikasi dan kompetensi guru binaan Kementerian Agama.

BACA JUGA:Kemenag Cabut Izin Pesantren Shiddiqiyah Jombang Imbas Kasus Pencabulan MSAT

Skema ini merupakan salah satu dari 10 program beasiswa, baik degree programs maupun non-degree programs,  yang ditawarkan oleh Kemenag-LPDP. 

“Oleh karena itu kesempatan ini mohon agar dimanfaatkan semaksimal mungkin,” kata Rohmat.

Sekretaris Panitia Nasional PPG Kementerian Agama, Mustofa Fahmi menambahkan bahwa timeline pelaksanaan PPG dalam Jabatan Angkatan ke-3 (tiga) dengan skema pembiayaan yang bersumber dari dana LPDP telah disosialisasikan awal kepada Tim Panita Nasional PPG Kementerian Agama dan LPTK PTKIN penyelenggara PPG Dalam Jabatan. 

"Pendalaman materi akan dimulai pada 18 Agustus. Oleh karena itu, kita akan segera melaksanakan seleksi akademik di awal agustus dalam rangka mempersiapkan mahasiswa PPG di batch ke-3 (tiga) tersebut," ungkap Fahmi.

Fahmi juga optimis bahwa skema pembiayaan PPG yang bersumber dari LPDP dapat mengakselerasi penyelesaian sertifikasi guru. 

"Dengan adanya dukungan dari LPDP, maka panjangnya antrian PPG guru madrasah mampu diakselerasi menjadi lebih cepat skema penyelesaian sertifikasinya. Saya berharap semua stakeholder penyelenggara PPG terutama LPTK menyiapkan perangkat SDM, akademik, maupun infrastrukturnya secara maksimal untuk mensukseskan kerjasama antara Kemenag-LPDP ini." pungkasnya.

Sumber: