3 SMP Swasta Tutup, 26 Sekolah Negeri Kurang Murid, Disdik: Program KB '2 Anak Cukup' Berhasil

3 SMP Swasta Tutup, 26 Sekolah Negeri Kurang Murid, Disdik: Program KB '2 Anak Cukup' Berhasil

Ilustrasi. Pelajar SMP mengikuti kegiatan Belajar mengajar-Curup Ekspress-

SERANG, DISWAY.ID- Sejumlah sekolah menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Serang kekurangan murid. Dinas Pendidikan mengklaim bahwa kekurangan murid sebagai dampak program  Keluarga Berencana atau KB '2 Anak Cukup' yang berhasil. 

Dinas Pendidikan Kabupaten Serang menyebutkan bahwa 26 SMP Negeri kekurangan murid, 3 SMP swasta bahkan mengajukan tutup karena tak ada murid. 

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Aat Supriyadi memperkirakan, sekolah swasta yang tutup itu disebabkan oleh berhasilnya program KB 2 anak cukup.

BACA JUGA:Pendaftaran PPDB PKBM Tahap 2 Tahun 2022 DKI Jakarta Resmi Dibuka, Catat Persyaratannya

“Jumlah siswa sangat jauh dari daya tampung sekolah, makanya ada tiga sekolah swasta yang tutup, SMP PGRI Bojonegara itu sudah mengirim pengajuan penutupan sekolah ke dinas,” kata Aat, Senin 8 Agustus 2022.

Ketiga SMP swasta yang tutup itu berada di Kecamatan Bojonegara dan Cikeusal. Yakni, SMP PGRI Bojonegara, SMP Kiragil Bojonegara, dan SMP Nurul Hidayah Cikeusal.

Kekurangan siswa ini, lanjut Aat, tak hanya dialami sekolah swasta, bahkan dialami juga oleh 26 sekolah negeri di Kabupaten Serang.

BACA JUGA:Luhut Akan Ground Breaking Tol Serang - Panimbang, Bupati Irna Narulita: Semoga Langsung Gas Pol...

“Contohnya di SMPN 4 Cikeusal, dari kuota tiga rombongan belajar atau kelas dengan 94 siswa, yang terisi hanya satu kelas,” jelasnya.

Hanya ada tiga sekolah di tiga kecamatan yang daya tampungnya nyaris terpenuhi. Yakni, SMPN Kramatwatu 3 karena banyak siswa dari Cilegon, SMPN Cikande 1 yang banyak siswa dari Kabupaten Tangerang, dan SMPN Ciruas 1 banyak juga menerima siswa dari Kota Serang.

Sementara itu, lanjut Aat, untuk jumlah SMP di Kabupaten Serang saat ini sudah mencukupi. Yakni, sebanyak 92 sekolah. Sedangkan, sekolah swasta jumlahnya 113.

“Lulusan SD di angka 15 ribuan, sedangkan kuota siswa baru di SMP Negeri sebanyak 22.944 siswa, selebihnya ke MTs dan pondok pesantren,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Radar Banten