Ngopi Dari Sebrang Istana: ASN Dinilai Miliki Kualitas Ciptakan Inovasi, Tapi Perlu Dibangun Trust

Ngopi Dari Sebrang Istana: ASN Dinilai Miliki Kualitas Ciptakan Inovasi, Tapi Perlu Dibangun Trust

Suasana Kegiatan Ngopi Dari Sebrang Istana di Hotel Amaris Juanda, Jakarta Pusat-Foto/Rafi Adhi Pratama/Disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kualitas ASN dinilai lebih dari cukup untuk menciptakan pembaruan di dalam institusi pemerintahan.

Hal tersebut disampaikan oleh pengamat pendidikan Achmad Rizali pada agenda Ngopi Dari Sebrang Istana dengan tajuk “Siapa (Gak) Yakin Kualitas ASN?” di Jakarta Pusat, Sabtu 1 Oktober 2022.

Rizali mengatakan bahwa perlu adanya kepercayaan yang diberikan kepada ASN dari para pejabat tinggi untuk berkolaborasi membuat sebuah program kerja yang revolusioner.

BACA JUGA:Harga Pertamax Cs Turun, Tapi Kok Sepi Ya? Driver Ojol: Isi Pertamax Nggak 'Nutup' Biaya Operasional, Bos!

“(Kualitas ASN) sangat cukup, namun perlu dibangun trust dan kenali kompetensi dan perilaku mereka, barulah tarik mereka, jika pejabat tersebut tidak mampu melakukan, dialah yang tidak kompeten,” katanya saat acara berlangsung di Hotel Amaris Juanda, Jakarta Pusat, Sabtu 1 Oktober 2022.

Mengenai “tim bayangan” yang dibuat oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim, dan dampaknya dengan dunia pendidikan Indonesia, Rizali mengaku khawatir akan keberlanjutan program yang telah dicanangkan.

“Ketika ASN tidak terlibat dan tim bayangan pergi, apakah akan sustain? Tentu tidak. Unsur pendidikan selain akses dan mutu, ada lagi yang dinamakan tata kelola. Akan perlu 2-3 periode untuk menata ulang jika cara seperti ini diteruskan,” ucap Rizali.

Kehadiran tim khusus yang berisi orang-orang non-struktural seperti ini disinyalir lebih mengarah kepada faktor kepentingan dibandingkan dengan kebutuhan dan hanya semakin merumitkan proses birokrasi. 

BACA JUGA:Hasil Kualifikasi MotoGP Thailand, Marco Bezzecchi Sabet Pole Position, Tim Valentino Rossi Semakin Sip!

Pengamat politik Ujang Komarudin mengkritisi kebijakan publik selama pemerintahan Presiden Joko Widodo. Dirinya juga meyakini reformasi birokrasi hanya sebatas wacana tanpa aksi.

"Kebijakan publik saat ini tidak memihak pada rakyat. Reformasi birokrasi itu hanya slogan saja. Karena sejatinya reformasi di birokrasi, tidak pernah benar-benar terjadi," tuturnya.

Lebih jauh Ujang berargumen apabila reformasi birokrasi benar adanya, maka tidak lagi diperlukan pihak luar yang bergabung ke dalam tim kerja institusi negara bahkan dengan posisi setara Dirjen. Terlebih dengan jumlah anggota tim yang sangat gemuk.

"Tim tersebut tidak semestinya ada dan tidak perlu ada. Karena bukan hanya keberadaannya yang menimbulkan kontroversi, tetapi juga bisa merusak struktur birokrasi yang ada," lanjut Ujang.

BACA JUGA:Bocor Foto Diduga Lesti Kejora Terkapar dengan Luka Lebam di Tangan Kirinya, Viral di Grup WhatsApp

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: