Partai Demokrat Sambut Baik Deklarasi Anies Baswedan Sebagai Capres Partai NasDem: Selaras dengan Demokrat!

Partai Demokrat Sambut Baik Deklarasi Anies Baswedan Sebagai Capres Partai NasDem: Selaras dengan Demokrat!

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan bahwa konsolidasi tersebut dilakukan untuk mendengarkan aspirasi rakyat. -Foto/Intan Afrida Rafni/Disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Partai Demokrat menyambut baik langkah Partai NasDem dalam mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden (Capres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sebagai partai politik yang digadang-gadang akan berkoalisi dengan Partai NasDem ini menyebutkan bahwa Anies Baswedan merupakan figur Capres yang sesuai dengan kriteria Partai Demokrat.

"Kami itu memiliki kriteria sendiri yang menitik beratkan kepada integritas, kapabilitas, elektabilitas, chemistry dan yang paling penting adalah memiliki semangat perubahan dan perbaikan," ujar Juru Koordinasi Juru Bicara Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, Senin, 3 Oktober 2022.

BACA JUGA:Surya Paloh Sebut Deklarasi Anies Capres 2024 Tidak Ada Hubungan Dengan KPK

"Sejauh ini rekam jejak Anies Baswedan ini memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang selama ini Demokrat perjuangkan," lanjutnya.

Tidak hanya itu, menurut Herzaky, antara Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memiliki hubungan yang cukup baik.

Adapun deklarasi ini, kata Herzaky, sebelumnya sudah dibicarakan secara internal antara tiga partai politik, yaitu Partai Demokrat, NasDem dan PKS.

"Deklarasi Capres NasDem hari ini sebelumnya juga telah dikomunikasikan dengan kami," pungkasnya.

BACA JUGA:Anies Baswedan: Bismillah, Kami Terima, Siap Jalan Bersama

Diberitakan sebelumnya bahwa Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden dari Partai NasDem.

"Saya sungguh-sungguh melihat tidak ada kaitannya NasDem pencalonan bung Anies dengan KPK, semua berjalan masing-masing," kata Surya Paloh.

Surya Paloh juga mengatakan bahwa pihaknya tidak banyak melakukan birokrasi dalam mengambil keputusan untuk mengumumkan deklarasi tersebut.

"Kami musyawarah dengan teman-teman, bagaimana dengan Senin, 3 Oktober, cocok. Jamnya bagaimana? Ada yang bilang jam 1, jam 9, akhirnya saya bilang jam 10 aja," ucapnya.

BACA JUGA:Nasdem Deklarasi Anies Capres 2024, Surya Paloh: Kami Ingin Menitipkan Sejarah Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: