NasDem Deklarasi Anies jadi Capres 2024, Pengamat: Sudah Siap Menerima Konsekuensinya

NasDem Deklarasi Anies jadi Capres 2024, Pengamat: Sudah Siap Menerima Konsekuensinya

Deklarasi Anies Capres oleh Nasdem tidak tepat, Emrus Sihombing mengungkapkan harusnya koalisi dahulu. Instagram @official_nasdem -Harian Disway-

JAKARTA, DISWAY.ID-Anies Baswedan baru saja dideklarasi sebagai Calon Presiden (Capres) dari Partai Nasional Demokrasi (NasDem) pada Senin 3 Oktober 2022.

Dengan ditunjuknya Anies Baswedan sebagai Capres dari Partai NasDem, tentunya menarik banyak perhatian dari berbagai kalangan, salah satunya Pengamat Politik Citra Insttute dan Dosen Ilmu Pemerintahan di Universitas Sutomo, Efriza.

Menurutnya, dengan mendeklarasi Anies Baswedan sebagai Capres, Partai NasDem sudah siap untuk menerima konsekuensinya.

BACA JUGA:Nasdem Deklarasi Anies Capres 2024, Surya Paloh: Kami Ingin Menitipkan Sejarah Ini

BACA JUGA:Anies Baswedan Capres Nasdem, Demokrat: Selaras Dengan Nilai-nilai yang Perjuangkan

"Sudah jelas Partai NasDem mengusung Anies Baswedan ini menunjukan NasDem sudah siap dengan konsekuensinya dan mesti kukuh terhadap keputusannya," ujar Efriza saat dihubungi Disway.id, Selasa, 4 Oktober 2022.

Efriza mengatakan bahwa pemerintah harus siap jika terjadi reshuffle pada kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo mengingat posisi Anies yang dikenal sangat bersebrangan dengan Jokowi dalam hal politik.

Tidak hanya itu, Partai NasDem juga tak boleh mengubah keputusannya jika diajak untuk berkoalisi dengan PDI-P. "Pertama, jika di pemerintahan akan adanya pengurangan jatah menteri," kata Efriza.

"Kedua, NasDem harus sudah Khidmat, tidak merubah keputusannya jika diajak berkoalisi dengan PDI-P tetapi Anies ditempatkan sebagai Cawapres dari misalnya Puan Maharani atau Ganjar Pranowo," lanjutnya.

BACA JUGA:NasDem: Insya Allah Jika Anies Terpilih Nanti Bangsa Lebih Bermartabat

Selain itu, menurutnya Partai NasDem harus segera melakukan koalisi dengan Partai Demokrat dan PKS agar ketiga partai politik tersebut bisa satu suara untuk mendukung Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

"NasDem sudah semestinya mengajak calon mitra koalisinya melakukan keputusan yang sama, sehingga koalisi akan mudah terbentuk," jelas Efriza

"NasDem harus mendorong PKS juga melakukan menyatakan bahwa mendukung Anies Baswedan, dan begitu juga dengan Partai Demokrat," Sambungnya.

Diberitakan sebelumnya bahwa Ketua Umum Partai NasDem telah menyebut nama Anies Baswedan sebagai Capres dari partai yang dipimpinnya itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: