Irjen Pol Nico Afinta Dirotasi Usai Tragedi Kanjuruhan, IPW Buka Suara

Irjen Pol Nico Afinta Dirotasi Usai Tragedi Kanjuruhan, IPW Buka Suara

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta -Instagram/ @okisesarcrisandy-Instagram/ @okisesarcrisandy

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso menanggapi rotasi Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta masih terkait dengan tragedi maut di stadion Kanjuruhan, Malang.

"Mutasi ini walaupun ditutup dinyatakan sebagai satu tour of duty atau sebagai satu penyegaran dalam kinerja organisasi, IPW tetap melihat sebagai satu akibat daripada tragedi Kanjuruhan," buka Sugeng saat dikonfirmasi wartawan, Selasa 11 Oktober 2922.

Menurut Sugeng,  IPW belum melihat adanya satu pertanggungjawaban langsung kepada Nico Afinta terkait apakah ada perintah dari Kapolda yang dapat dimaknai sebagai satu perintah untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu yang melanggar prosedur melepaskan gas air mata di stadion Kanjuruhan. 

"Karena pasukan Brimob dari Polda Jatim maupun Polres-polres lain ada di bawah kendali operasi Kapolres Malang yang bahkan dapat dibuktikan tidak pernah melakukan pelepasan gas air mata," ujar Sugeng.

BACA JUGA:Rizky Billar Mengaku Tak Menyesal KDRT ke Lesti Kejora, Kuasa Hukum: Apa yang Dilakukannya?

"Tentu tugas Irjen Pol Teddy Minahasa sebagai Kapolda yang baru mengaca kepada kasus Kanjuruhan adalah meningkatkan profesionalisme anggota Brimbo secara khusus ataupun anggota kepolisian secara umum yang berada di lapangan," jelasnya.

"Peningkatan profesionalisme ini penting melalui satu bentuk pembinaan karir dan pengawasan yang melekat, tragedi Kanjuruhan menunjukan bahwa profesionalisme yang rendah mengakibatkan anggota di bawah melakukan tindakan kesalahan prosedur," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, Sejumlah posisi jajaran perwira tinggi (Pati) kembali dirotasi oleh Kepolisian Republik Indonesia, salah satunya posisi Kapolda Jawa Timur yang menjadi sorotan karena tragedi stadion Kanjuruhan, Malang beberapa waktu lalu.

Rotasi tersebut tertuang dalam surat telegram rahasia (TR) bernomor ST/2134/X/KEP/2022 tertanggal 10 Oktober 2022.

Hal ini dibenarkan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengenai rotasi sejumlah Pati tersebut.

"Ya betul, TR tersebut adalah tour of duty dan tour of area, mutasi adalah hal yang alamiah diorganisasi Polri dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi," ujar Irjen Dedi saat dihubungi wartawan, Senin 10 Oktober 2022.

BACA JUGA:Parlemen Malaysia Dibubarkan, Loyalis Presiden UMNO Zahid Hamidi Desak Percepatan Pemilu

Jabatan Kapolda Jawa Timur yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Pol Nico Afinta, kini akan diisi oleh Irjen Pol Teddy Minahasa.

Irjen Nico dipindahkan dari jabatan Kapolda Jawa Timur untuk mengisi jabatan Staf Ahli Sosial Budaya (Sahlisosbud) Kapolri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: