Rutin Konsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari Terbukti Turunkan Risiko Stroke Sebesar 13 Persen

Rutin Konsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari Terbukti Turunkan Risiko Stroke Sebesar 13 Persen

Lebih khusus dikatakan: “Untuk stroke iskemik, konsumsi buah dan sayuran 200 g/hari yang lebih tinggi dan konsumsi total serat makanan 10 g/hari yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko masing-masing 13 persen dan 23 persen lebih rendah.”

BACA JUGA:Putri Candrawathi Ngaku Pakaiannya Dilucuti Paksa Brigadir J, Panik saat Ada yang Naik 'Tolong Bu, Tolong'

BACA JUGA:Hayo Loh, Wewenang dan Ruang Lingkup PT LIB Menjadi Point Utama Pemeriksaan Komnas HAM

Studi tersebut mengemukakan beberapa alasan mengapa ada hubungan antara buah dan sayuran dengan penurunan risiko stroke.

“Mengingat hubungan terbalik yang kuat dari serat dengan total dan stroke iskemik yang diamati dalam penelitian saat ini dan dalam penelitian sebelumnya, seperti yang dijelaskan di bawah, hubungan antara buah dan sayuran dan risiko stroke mungkin sebagian didorong oleh kandungan seratnya,” katanya.

“Juga telah disarankan bahwa buah dan sayuran dapat bermanfaat karena menyediakan berbagai mikronutrien termasuk potasium dan folat.

“Suplemen kalium telah terbukti mengurangi tekanan darah dalam uji coba acak, sementara asupan folat yang lebih tinggi dapat menurunkan konsentrasi homosistein plasma, yang juga secara positif terkait dengan risiko stroke.

BACA JUGA:Wali Kota Hingga dan Camat DKI Jakarta Dilarang Cuti Selama Musim Hujan, Heru Budi: Saya Cuti Hanya Saat Haji

BACA JUGA:BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Waspada Cuaca Ekstrem Hingga 21 Oktober

“Buah dan sayuran juga merupakan sumber utama nitrat makanan, yang berkontribusi pada pembentukan oksida nitrat endogen, dan beberapa bukti menunjukkan bahwa mereka memiliki penurun tekanan darah dan sifat vasoprotektif.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: