Sejarah Pahit Masjid Jakarta Islamic Center yang Terbakar, Dulu Sarang Prostitusi Terkenal di Asia Tenggara

Sejarah Pahit Masjid Jakarta Islamic Center yang Terbakar, Dulu Sarang Prostitusi Terkenal di Asia Tenggara

Jakarta Islamic Center (JIC) yang terbakar hebat punya sejarah pahit--islamic-center.or.id

Pada 31 Desember 1999, tempat itu resmi ditutup melalui SK Gubernur KDKI Jakarta No. 6485/1998. Selanjutnya Pemda Provinsi DKI Jakarta melakukan pembebasan lahan eks lokres Kramat Tunggak.

BACA JUGA:Damkar Tambah Pasukan Jadi 10 Unit dan 55 Personel Dikerahkan untuk Pemadaman Kebakaran Jakarta Islamic Center

Setelah dibebaskan, banyak muncul gagasan terhadap lokasi bekas Kramat Tunggak tersebut, ada yang mengusulkan pembangunan pusat perdagangan (mall), perkantoran dan lain sebagainya. Namun Gubernur H. Sutiyoso memiliki ide lain yaitu membangun Islamic Center. 

Sebuah ide yang cemerlang yang menyatukan kelompok-kelompok lain yang awalnya berbeda-beda.

Pada tahun 2001 Gubernur Sutiyoso melakukan sebuah Forum Curah Gagasan dengan seluruh elemen masyarakat untuk mengetahui sejauhmana dukungan masyarakat terhadap sebuah perubahan yang telah dicanangkan. 

Ternyata 24 Mei 2001 dukungan itu semakin menguat. Gagasan untuk membangun Jakarta Islamic Center (JIC) dikemukakan Gubernur Sutiyoso kepada Prof. Azzumardi Azra (Rektor UIN Syarif Hidayatullah) di New York di sela-sela kunjungannya ke PBB pada tanggal 11-18 April 2001 dan mendapatkan respon yang sangat positif. 

BACA JUGA:Kubah Masjid Jakarta Islamic Center Terbakar, Gulkarmat Terjunkan 14 Unit dan 70 Petugas Damkar

Setelah adanya konsultasi terus menerus antara masyarakat, ulama, praktisi baik skala lokal maupun regional bahkan international akhirnya diwujudkan dalam sebuah master plan pembangunan JIC pada tahun 2002. 

Kemudian dalam rangka memperkuat ide dan gagasan pembangunan JIC,pada Agustus 2002 dilakukan Studi Komparasi ke Islamic Centre di Mesir, Iran, Inggris dan Perancis. Pada tahun yang sama, dilakukan perumusan Organisasi dan Manajemen JIC. Kehadiran JIC ternyata sesuatu yang sangat fenomenal sebagai produk zaman yang strategis dan monumental.

JIC terbakar

Masjid Jakarta Islamic Center yang terletak di kawasan Koja, Jakarta Utara ini alami kebakaran.

Pemadam kebakaran Jakarta Utara tambah pasukan menjadi 10 unit dan 55 personel dikerahkan untuk pemadaman kebakaran kubah Masjid Jakarta Islamic Center.

"Saat ini masih dalam proses pemadaman dengan pengerahan sebanyak 10 unit dan 55 personil," tulis Humas Jakarta Fire di akun Instagramnya.

Berdasarkan video yang beredar, titik kebakaran terlihat hanya pada kubah Masjid Jakarta Islamic Center.

BACA JUGA:Baiquni Wibowo Ajukan Eksepsi karena Isi Surat Dakwaan Banyak Typo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: