Fakta! Konsumsi Obat Paracetamol Berlebihan Dapat Sebabkan Kerusakan Hati dan Ginjal

Fakta! Konsumsi Obat Paracetamol Berlebihan Dapat Sebabkan Kerusakan Hati dan Ginjal

Konsumsi Obat Paracetamol Terlalu Banyak Bisa Berakibat Fatal Buat Kesehatan Hati Manusia-user18526052-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Paracetamol yang juga dikenal sebagai asetaminofen merupakan obat biasa digunakan untuk dapat membantu mengobati rasa sakit dan menurunkan suhu tinggi.

Akan tetapi obat paracetamol juga mempunyai bahayanya tersendiri dan efek samping apabila Anda tidak dengan benar mengonumsinya.

Pelayanan Kesehatan Nasional atau NHS meminta pasien agar cepat mendatangi apoteker atau dokter jika mengalami efek samping yang mengganggu karena berpotensi disebabkan oleh paracetamol.

BACA JUGA:Jangan Ketergantungan Obat, Simak 7 Cara Atasi Demam pada Anak Secara Alami dan Aman

BACA JUGA:Beredar Daftar Obat Sirup Mengandung Etilen Glikol, Picu Gagal Ginjal Akut, Ternyata BPOM Baru Ungkap Ini

Overdosis paracetamol dapat menyebabkan efek samping yang serius. NHS memperingatkan bahwa seseorang tidak boleh tergoda untuk meningkatkan dosis atau mengambil dosis ganda jika rasa sakit semakin memburuk.

Mengambil obat untuk membantu meringankan penyakit ringan apa pun yang Anda derita dapat bermanfaat, tapi Anda tidak boleh melebihi dosis yang disarankan.

Dilansir dari laman Daily Express, dosis biasa obat paracetamol untuk orang dewasa adalah satu atau dua tablet 500mg hingga empat kali dalam 24 jam.

NHS mengatakan: “Mengambil satu atau dua tablet tambahan secara tidak sengaja tidak akan berbahaya, selama Anda tidak mengonsumsi lebih dari delapan tablet dalam 24 jam. Tunggu setidaknya 24 jam sebelum minum parasetamol lagi.”

BACA JUGA:Denise Chariesta Ungkap Pria Inisial RD yang Kebelet Ajak ML, Singgung Soal Meja Kantor: Inget Coba?

BACA JUGA:Terungkap! Bukan Parasetamol yang Sebabkan Gagal Ginjal pada Anak, Simak Penjelasan RSUP Dr Sardjito

Bagi orang yang sulit menelan tablet atau kapsul, parasetamol juga tersedia dalam bentuk sirup atau tablet larut yang dilarutkan dalam air untuk dijadikan minuman.

Dikatakan: "Dapatkan bantuan darurat segera jika salah satu gejala overdosis berikut terjadi saat mengambil acetaminophen."

Meskipun demikian, Anda perlu mendapatkan bantuan dari 111 jika Anda mengonsumsi lebih dari dua tablet parasetamol tambahan atau lebih dari delapan tablet parasetamol dalam 24 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: