Makanan Minuman yang Pantang Dikonsumsi Pasien Gangguan Ginjal

Makanan Minuman yang Pantang Dikonsumsi Pasien Gangguan Ginjal

Nutrisionis Dietisien RSCM Yudhi Adrianto,SGz, MKM,AIFO -Tangkapan layar-Youtube

Dia merinci makanan yang harus dihindari oleh pasien gangguan ginjal salah satunya ikan asin, makanan kaleng dan bumbu penyedap.

“Makanan asin yang mengandung garam tinggi seperti makanan instan, makanan yang diawetkan atau dikeringkan menggunakan garam seperti ikan asin kemudian yang dikemas atau dikalengkan ataupun diawetkan seperti kornet, sarden dan nugget,” Ucapnya.

“kita juga harus perhatikan garam yang tersembunyi pada bahan makanan seperti saus, kecap, dan bumbu penyedap makanan,” Lanjutnya.

Makanan yang mengandung gula tinggi kue (dessert), manisan, dan minuman instan seperti kopi dan es boba yang mengandung gula sederhana yang sangat tinggi.

“Sedangkan makanan yang mengandung gula tinggi seperti manisan, berbagai dessert, serta minuman manis lainnya dan harus diwaspadai juga pada era sekarang banyak orang yang mengkomsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula atau pemanis tinggi seperti kopi-kopian, minuman boba yang mengandung gula sederhana yang sangat tinggi,” ujarnya.

Tentu pada pasien yang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi akan menyebakan diebetes dan melonjaknya kadar gula.

“Yang tentu saja pada pasien ginjal dengan diabetes dapat meningkatkan atau melonjakkan kadar gula darah menjadi tinggi,” ujarnya.

Bagi pasien gangguan ginjal ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi garam, gula, natrium dan sodium.

“Kebutuhan Natrium pada pasen ginjal berkisar antara 1500 mg, sampai dengan 2000 mg sodium, atau setara dengan 3-5 gram garam dapur sehari atau secara sederhana kurang dari 1 sendok teh/perhari, dan kebutuhan gula sederhana bagi pasien gagal ginjal dengan diabetes berkisar antara 5%-10% dari kebutuhan energi total atau sekitar 25 gram  pada pasien gagal ginjal dengan kebutuhan energi 2000 Kcal/hari,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: