Makanan Minuman yang Pantang Dikonsumsi Pasien Gangguan Ginjal

Makanan Minuman yang Pantang Dikonsumsi Pasien Gangguan Ginjal

Nutrisionis Dietisien RSCM Yudhi Adrianto,SGz, MKM,AIFO -Tangkapan layar-Youtube

JAKARTA, DISWAY.ID- Ginjal adalah organ kecil di perut bagian bawah yang memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ginjal terutama berfungsi untuk menyaring produk limbah dari darah dan mengirimkannya keluar tubuh melalui urine. Ginjal juga bertanggung jawab untuk menyeimbangkan kadar cairan dan elektrolit.

Yudhi Adrianto,SGz, MKM,AIFO sebagai Nutrisionis Dietisien RSCM menyampaikan beberapa jenis makanan minuman yang pantang bagi pasien gangguan ginjal

BACA JUGA:200 Obat Gangguan Ginjal Akut Fomepizole Tiba di Indonesia, Kemenkes: Semua Akan Dibagikan Secara Gratis

Yudhi menjelaskan, apabila ginjal sudah mengalami kerusakan dalam jaringan ginjal maka ginjal akan menggunakan fungsi yang tersisa.

“Gagal Ginjal kronis merupakan kerusakan jaringan ginjal secara progresif dan ireversibel, jadi apabila sudah terjadi kerusakan maka ginjal akan menggunakan fungsi yang tersisa.” Ujar Yudhi dalam Keterangannya di youtube RSCM yang dilihat disway.id pada minggu, 30 Oktober 2022.

Pasien yang mempunyai riwayat penyakit ginjal harus memperhatikan makanan yang akan di konsumsi setiap harinya agar tidak memperberat fungsi ginjal.

“Pada orang yang mempunyai penyakit gagal ginjal harus diperhatikan atau dibatasi makanan yang dikonsumsi agar tidak memperberat fungsi ginjal yang tersisa,” ujarnya.

Berikut makanan yang dipantang untuk orang yang mempunyai riwayat penyakit gagal ginjal ;

Dia menegaskan, penyakit ginjal disebabkan oleh penyakit diabetes dan hipertensi yang dialami oleh pasien gagal ginjal karena sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula yang tinggi.

BACA JUGA:Waspada Gangguan Ginjal Akut, Simak Imbauan Kemenkes untuk Pengobatan Anak-anak, Hindari Obat Cair Sirup

“Pertama makanan yang mengandung natrium atau sodium dan tinggi gula, karena pada gagal ginjal pravelensi utama etiologi akibat penyakit ginjal adalah penyebab penyakit ginjal terbesar adalah Hipertensi dan diabetes,” ujarnya.

Oleh karena itu, pasien penyakit ginjal harus membatasi makanan yang mengandung natrium, sodium, tinggi gula dan makanan yang asin.

“Sehingga harus dibatasi makanan yang mengandung tinggi natrium atau sodium dan tinggi gula, tentu saja dalam mencegah dan mengatasi terutama konsumsi makanan yang tinggi mengandung natrium pada pasien yang memiliki penyakit ginjal, makanan yang dibatasi terutama adalah makanan yang asin-asin,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: