Pasien Gangguan Ginjal Harus Memperhatikan Ini, Apel dan Pepaya Sumber Kalium Rendah

Pasien Gangguan Ginjal Harus Memperhatikan Ini, Apel dan Pepaya Sumber Kalium Rendah

Yudhi Adrianto,SGz, MKM,AIFO sebagai Nutrisionis Dietisien RSCM-Tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pasien gangguan ginjal harus memperhatikan sejumlah hal agar penyakitnya tidak berlanjut.

Di antara hal perlu diperhatikan bagi pasien gangguan ginjal yaitu asupan, baik protein, natrium, gula dan kalium.   

Yudhi Adrianto, SGz, MKM, AIFO sebagai Nutrisionis Dietisien RSCM, mengatakan, ada asupan yang harus dibatasi oleh pasien yang menderita penyakit ginjal. Selain natrium dan gula, asupan yang harus diperhatian yaitu kalium.

BACA JUGA:Buntut Horor Halloween Itaewon, SM Entertainment Batalkan Seluruh Rangkaian Pesta

“Asupan jenis yang lain yang harus dibatasi selain Natrium dan gula pada pasien gangguan ginjal antara lain adalah kalium merupakan mineral yang dapat menumpuk di dalam tubuh pasien ginjal karena ketidakmampuan ginjal mengeluarkan kalium dalam tubuh,” ujar Yudhi dalam keterangannya di Youtube RSCM yang dilihat disway.id pada Minggu 30 Oktober 2022.

Sedangkan kalium yang paling banyak atau tinggi bisa diserap dari jenis buah-buahan yaitu melon, mangga, alpukat, durian, dan juga yang terdapat dibuah yang dikeringkan seperti kismis.

“Kalium paling banyak terdapat pada buah terutama pisang, melon dan mangga, kemudian buah yang dikeringkan seperti kismis dan kurma serta kalium yang tinggi terdapat di air kelapa, alpukat dan durian,” katanya.

Terdapat rekomendasi buah yang dianjurkan pada pasien ginjal yang memiliki sumber kalium rendah seperti, Apel, pepaya dan sebagainnya.

“Pada pasien ginjal direkomendasikan mengonsumsi makanan sumber kalium rendah dan sedang terutama pada buah-buahan antara lain apel, pepaya, pear, dan semangka,” ujarnya.

Pasien ginjal yang memiliki penyakit ginjal yang semakin parah sebaiknya harus mengonsumsi asupan protein yang harus dibatasi.

BACA JUGA:Umuh Muchtar Tak Menyangka PSSI Mau KLB

“Kemudian bagaimana asupan terutama protein, semakin menurunnya fungsi ginjal dan semakin tingginya stadium penyakit ginjal maka kebutuhan akan protein akan semakin menurun atau dibatasi,” ujarnya.

Yudhi merinci asupan protein yang sebaiknya digunakan oleh pasien ginjal yang sudah masuk pada stadium 3 atau 5.

“Misalnya pada penyakit ginjal stadium 3 dibutuhkan protein sebesar 0,8 gr/kgbbi dan akan menurun pada penyakit ginjal stadium 5 yaitu sebesar 0,6-0,7 gr/kilo gram berat badan ideal (kgbbi),” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: