Begini Penampakan Ular Naga Jawa yang Telah Lama Dicari di Pegunungan Sanggabuana

Begini Penampakan Ular Naga Jawa yang Telah Lama Dicari di Pegunungan Sanggabuana

Ular Naga Jawa yang ditemukan Sanggabuana Wildlife Ranger.-Karawangbekasiekspres.disway.id-

KARAWANG, DISWAY.ID- Spesies unik Ular Naga Jawa ditemukan di Pegunungan Sanggabuana, KARAWANG Jawa Barat. 

Spesies yang menjadi misteri dan mitologi di berbagai belahan dunia, termasuk di Pulau Jawa ditemukan oleh Sanggabuana Wildlife Ranger (SWR).

Ular ini ditemukan pada 29 Oktober 2022 malam di aliran sungai Curug Cikoleangkak, salah satu air terjun yang ada di Pegunungan Sanggabuana. Ular Naga Jawa ini diketahui telah lama dicari Divisi Konservasi Keanekaragaman Hayati (DKKH) Sanggabuana Conservation Foundation (SCF).

BACA JUGA:Sempat Terhenti 2 Tahun, Pembangunan Taman Badami Karawang Dilanjutkan

Ular naga jawa (Xenodermus javanicus) adalah jenis ular dari family Xenodermidae. Ular dengan ukuran panjang sekitar 50 cm ini merupakan satwa endemik Jawa, dan tidak ditemukan di pulau lain.

Berbeda dengan naga dalam mitologi yang mempunyai sayap dan mampu menghembuskan nafas api, naga jawa tidak mempunyai sayap dan senjata api dari mulutnya.

Namun ular naga jawa ini mempunyai sisik yang lebih kasar dibanding ular pada umumnya, lebih mirip dengan sisik biawak.

Ciri khas lainnya yang mirip dengan naga adalah adanya sisik atau duri menonjol yang disebut hemipenial di sepanjang punggung atau bagian dorsal.

Barisan hemipenial di bagian dorsal ini berjajar rapi, mirip dengan tubuh naga dalam mitologi.

Hemipenial di belakang kepala ular naga jawa, pada beberapa individu sangat menonjol hingga seperti membentuk tanduk atau mahkota di bagian belakang kepalanya.

BACA JUGA:Didukung Google, Tular Nalar Gelar Pelatihan Literasi Digital untuk Lansia

Deby Sugiri dari DKKH SCF menjelaskan, ular naga jawa ini memang sudah dicari sejak setahun yang lalu di sepanjang belantara Pegunungan Sanggabuana.

Namun baru ditemukan pada Sabtu kemarin, ketika melakukan analisis vegetasi bersama dengan teman-teman dari Fakultas Biologi Universitas Nasional Jakarta dan Sispala Samaru SMA 1 Tegalwaru.

“Ular naga ini kami temukan di aliran sungai Curug Cikoleangkak pada malam hari saat herping. Siangnya kami melakukan analisis vegetasi dibantu oleh teman-teman dari Fakultas Biologi Universitas Nasional dan Sispala Samaru SMA 1 Tegalwaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: karawangbekasi.disway.id