Selain Hari Pahlawan Inilah Peristiwa Penting yang Terjadi di Dunia Pada 10 November

Selain Hari Pahlawan Inilah Peristiwa Penting yang Terjadi di Dunia Pada 10 November

Beberapa peristiwa penting yang terjadi 10 November.-Foto/Pexels/Artem Podrez-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Peristiwa penting dan menyangkut banyak orang adalah peristiwa yang harus dicatat dalam sejarah.

Di Indonesia sendiri banyak peristiwa-peristiwa penting yang sering diperingati, salah satunya Peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November.

Peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang serta untuk meningkatkan nasionalisme rakyat Indonesia.

BACA JUGA:20 Link Twibbon Hari Pahlawan 10 November 2022, Yuk, Pasang di Sosmedmu!

Dikutip dari laman Kemenag, Pemerhati Masalah Agama, Sejarah, dan Kemasyarakatan Muhammad Fuad Nasar mengatakan bahwa manusia dapat memperbaiki keadaan di masa kini dan merencanakan masa depan dengan mengingat sejarah.

“Sindrom lupa sejarah harus dilawan. Peringatan hari bersejarah membuat kita dapat mengembangkan nilai-nilai yang terkandung dalam sejarah sebagai bekal untuk kehidupan,” ujarnya.

Melalui sejarah, kita dapat mengambil pelajaran dari apa yang terjadi di masa lalu. Namun tentu setiap peringatan peristiwa penting selalu dilakukan sesuai dengan eranya.

BACA JUGA:20 Quotes Hari Pahlawan 10 November 2022, Penuh Semangat dan Sarat Makna Untuk Caption Sosial Media

Tidak hanya di Indonesia, 10 November juga merupakan hari peristiwa penting lainnya terjadi di dunia, berikut penjelasannya.

PERISTIWA PENTING 10 NOVEMBER

1. Peringatan Hari Pahlawan Nasional

Indonesia terbentuk dan merdeka atas perjuangan para pahlawan yang pantang menyerah dengan penuh pengorbanan.

Peringatan hari pahlawan dilakukan setiap tanggan 10 November karena pada tanggal 10 November 1945 adalah pertempuran pertama setelah Indonesia menyatakan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Pertempuran yang terjadi di Surabaya tersebut disebabkan karena Indonesia tidak ingin menyerahkan diri kepada pihak Inggris pasca terbunuhnya Brigadir Jendral Mallaby.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: