Revitalisasi Taman BAT Cirebon, Ada Ritual Khusus untuk Rakit Replika Pedati Gede Pekalangan

Revitalisasi Taman BAT Cirebon, Ada Ritual Khusus untuk Rakit Replika Pedati Gede Pekalangan

Replika Pedati Gede Pekalangan yang tiba di Kota Cirebon untuk menghiasai revitalisasi taman BAT, Kamis 10 November 2022. -Radar Cirebon -

CIREBON, DISWAY.ID-Replika Pedati Gede Pekalangan tiba di Kota Cirebon, replika tersebut nantinya akan menghiasi Taman Pedati Gede Pekalangan yang sedang dalam proses pembangunan revitalisasi dari Taman BAT

Replika pedati tiba hari, Kamis 10 November 2022. 

Kini replika Pedati Gede Pekalangan Cirebon, sedang dalam proses perakitan di bagian display yang ada di Taman BAT (British American Tobacco) di Jalan Pasuketan.

BACA JUGA:Polres Cirebon Kota Mulai Distribusi Pelat Nomor Putih

BACA JUGA:Seorang Nelayan Asal Cirebon Tenggelam di Laut Irlandia, Jatuh saat Tebar Jaring

Uniknya mengenai replikasi pedati ini, proses perakitannya tidak sembarang.

Kepala DPRKP Kota Cirebon, Wandi Sofyan mengatakan, meski hanya replika tetapi proses pengerjaan Pedati Gede Pekalangan juga dilakukan ritual-ritual adat.

“Kami mengikuti arahan dari para sesepuh dan kuncen, karena bernuansa sejarah dan budaya juga melaksanakan ritual yang disyaratkan,” kata Wandi.

Misalnya, kata Wandi, pada hari ini ditetapkan bahwa replika Pedati Gede Pekalangan harus mulai dirakit pukul 09.00 WIB. Hal tersebut menurut petunjuk dari pemuka adat.

BACA JUGA:Mengenal Pelal Ageng Panjang Jimat, Tradisi Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Keraton Kanoman Cirebon

Berikutnya, mereka yang bekerja hanya boleh 7 orang. Karena itu, pekerja yang terlibat sesuai dengan jumlah yang ditentukan. 

“Ini adalah satu upaya untuk kelancaran pemasangan Replika Pedati Gede Pekalangan. Karena ini menyangkut warisan leluhur,” tuturnya.

Wandi berharap, pekerjaan dapat segera selesai, karena akan dilanjutkan dengan finishing taman dan fasilitas serta sarana prasarana juga vegetasi.

Seluruh pekerjaan Revitalisasi Taman BAT dan Replika Pedati Gede Pekalangan diharapkan tuntas pada Desember 2022 mendatang.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar cirebon.disway.id

Berita Terkait