Seruan Boikot Piala Dunia 2022 Qatar Makin Kencang, FIFA Kirim Surat ke 32 Negara Peserta, Ini Isinya

Seruan Boikot Piala Dunia 2022 Qatar Makin Kencang, FIFA Kirim Surat ke 32 Negara Peserta, Ini Isinya

Salah satu spanduk boikot Piala Dunia 2022 Qatar yang dibentangkan penggemar Dortmund.-@FBAwayDays-Twitter

JAKARTA, DISWAY.ID - Qatar disebut-sebut sebagai tuan rumah Piala Dunia yang memiliki banyak masalah pelanggaran hak asasi manusia.

Beberapa yang paling disorot adalah ribuan orang pekerja migran yang tewas karena terlibat konstruksi pembangunan stadion dan hak-hak LGBT yang tidak diakui di negara yang beribu kota di Doha tersebut.

Stefan Schirmer, salah satu penggerak kampanye Boycott Qatar merasa puas karena semakin dekat Piala Dunia 2022 Qatar, bentuk protes semakin lantang dan dapat dilihat dunia.

BACA JUGA:Sergio Busquets Sudah Tua Tapi Tetap Ikut Piala Dunia Qatar 2022, Luis Enrique: Saya Nggak Lagi Bercanda!

BACA JUGA:Pelatih Valencia Ragu Cavani Bisa Tampil di Piala Dunia Qatar 2022, Gattuso: Pergelangan Kakinya Bengkak

"Kami mempunyai pandangan bahwa dalam dua atau tiga bulan terakhir, momentum semakin meningkat," kata pria yang pernah bermain untuk Mainz tersebut.

US Justice Department sempat mengeluarkan dugaan bahwa Qatar melakukan penyuapan pada delegasi-delegasi FIFA untuk memuluskan langkah mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Dugaan itu dibantah keras oleh Qatar. Selain Shcirmer, mantan kapten timnas Jerman, Philipp Lahm ikut melakukan protes dengan tidak akan berangkat baik sebagai delegasi negaranya maupun sebagai penggemar.

"Hak asasi manusia harus memegang peranan penting dalam pemilihan tuan rumah. Kalau negara yang terpilih bermasalah dengan hak asasi manusia, Anda harus berpikir atas dasar apa mereka dipilih," ujarnya.

BACA JUGA:Brutal! Jadon Sancho Tak Masuk Timnas Inggris untuk Piala Dunia Qatar 2022

BACA JUGA:Prediksi Piala Dunia 2022 Qatar, Partai Final Diisi oleh Tim Eropa dan Amerika Latin: Ronaldo vs Messi?

"FIFA dan Qatar peduli karena kampanye kami meruntuhkan citra yang ingin mereka buat. Mereka ingin Piala Dunia menjadi festival menyenangkan tapi mereka melihat ada banyak protes di banyak negara. Dan protes itu semakin kencang," tutur Schirmer.

Menyikapi tingginya suara boikot Piala Dunia 2022 Qatar, FIFA meresponsnya dengan mengirim surat kepada 32 tim peserta.

Dalam surat itu, FIFA meminta agar para peserta lebih fokus pada pertandingan di Piala Dunia 2022 Qatar dan tidak perlu mengangkat masalah politis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: