Pemesanan Tiket Melonjak, KAI Imbau Penumpang Lengkapi Syarat Perjalanan

Pemesanan Tiket Melonjak, KAI Imbau Penumpang Lengkapi Syarat Perjalanan

Ilustras Penumpang Kereta Api-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pemesanan Tiket KA Libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023 dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen disebut terus meningkat.

PT Kereta Api Indonesia mengimbau penumpang memperhatikan dan melengkapi persyaratan perjalanan yang telah ditentukan.

KA Humas PT KAI Daop 1, Eva Chairunisa mengatakan jelang momen libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mulai membuka penjualan tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) secara bertahap mulai 7 November 2022 atau H-45 keberangkatan. 

BACA JUGA:ICW Nilai Jokowi Diam Soal Isu Konflik Kepentingan di Kabinetnya

"Adapun periode Angkutan Nataru yang ditetapkan KAI adalah keberangkatan 22 Desember 2022 s.d 8 Januari 2023. Tiket KA nantinya dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, Contact Center 121, Loket Box, serta seluruh mitra resmi pemesanan tiket KAI lainnya," katanya kepada awak media, dikutip Minggu 13 November 2022.

"Jika pada momen-momen libur sebelumnya KAI menjual tiket mulai H-30 sebelum keberangkatan, namun menjelang periode libur Nataru 2022/2023 ini KAI mengubah menjadi H-45 sebelum keberangkatan," tambahnya.

Dijelaskannya, hal tersebut dilakukan sebagai peningkatan pelayanan kepada para pelanggan.

"Hal tersebut dilakukan sebagai peningkatan pelayanan dengan memberikan waktu yang lebih leluasa kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanannya," jelasnya.

Sampai dengan hari ini, Sabtu (12/11) tiket KA periode Nataru telah terjual sebanyak 22 ribu untuk periode keberangkatan 22 s.d 26 Desember, jumlah tersebut masih dapat bertambah mengingat pemesanan tiket masih berlangsung melalui penjualan online menyesuaikan ketentuan H-45. 

BACA JUGA:Lagi, KPK Tetapkan Seorang Hakim Agung Tersangka

Saat ini keberangkatan KAJJ dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen rata-rata 47 perjalanan per hari, keberangkatan dari Stasiun Pasarsenen 24 KA dan dari Stasiun Gambir 23 KA.

Jumlah perjalanan tersebut dapat berubah menyesuaikan dengan evaluasi berkala yang dilakukan PT KAI Daop 1 Jakarta sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan KA di momen Nataru tahun. Adapaun beberapa tujuan favorit penumpang KA diantaranya kota Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Kutoarjo, Surabaya, Malang, Cirebon, Bandung dan Tegal. 

Bagi calon penumpang yang akan memanfaatkan transportasi KA pada momen Nataru 2022/2023 dapat merencanakan tanggal keberangkatan dan pembelian tiket melalui Aplikasi KAI Access.

PT KAI mengingatkan kembali agar pelanggan teliti dalam memilih tanggal, rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: