Korban Bangunan

Korban Bangunan

Kerusakan Akibat Gempa di Cianjur-@radar_cianjur-Instagram

Ini bencana alam: gempa Cianjur kemarin dulu. Ini bencana gempa vulkanik. Bukan bencana Kanjuruhan.

Bencana Cianjur ini –268 orang meninggal dunia– tergolong bencana khas negara berkembang. Yang penduduknya masih belum begitu punya kemampuan disiplin dan keuangan.

"Gempa tidak pernah menyebabkan kematian. Yang bikin banyak korban itu bangunan yang tidak tahan gempa," ujar  Prof Dr Ir Priyo Suprobo.

Ia ahli teknik sipil. Disertasi doktornya tentang beban dinamis: di Purdue University Amerika Serikat. Soal gempa ada di dalamnya. Prof Suprobo juga anggota Pusat Riset Gempa Nasional (Pusgen). Ia jadi rektor ITS Surabaya tahun 2007 - 2011.

Gempa Cianjur itu sebenarnya hanya 5,6 skala richter. Bahwa begitu banyak bangunan yang roboh pertanda itu tadi: disiplin yang rendah dalam memenuhi persyaratan bangunan di daerah gempa.

Mungkin di setiap debat pemilihan bupati di wilayah gempa, harus ada satu pertanyaan: tentang gempa. Seberapa si calon tahu soal itu dan bagaimana programnya kalau terpilih nanti.

Termasuk pertanyaan umum: baik mana rumah kayu/bambu dibanding rumah bata di saat gempa.

Kalau pun rakyat merasa lebih bergengsi punya rumah bata, apa syaratnya: agar tahan gempa.

Pertanyaan paling sepele pada calon para pimpinan daerah adalah: apakah ia/dia tahu bahwa daerahnya termasuk dalam peta gempa. Lalu bagaimana mitigasinya.

Pemerintah, termasuk Pusgen, sudah menerbitkan peta gempa yang sangat rinci. Sampai per wilayah. Bahkan kementerian PUPR sudah membuat pedoman pembangunan rumah tahan gempa. Sangat rinci. Peraturan pemerintah pun sudah ada. Sudah sangat rinci.

Kita memang sudah lupa. Sudah lama tidak ada gempa yang menimbulkan banyak korban jiwa. Gempa Cianjur seperti membangunkan ingatan masa duka nan lalu.

Di zaman medsos ini begitu banyak muncul video tutorial. Di YouTube. Banyak pula penggemarnya. Pun sampai tutorial bagaimana menata alis.

Prof Suprobo juga membuat tutorial. Khusus bagaimana membangun rumah tahan gempa. Termasuk bila rumah itu dibangun dengan batu bata. "Tidak ada jalan lain. Tiap 3 meter harus diberi slop. Yang terbuat dari beton. Lalu antar slop itu dihubungkan dengan slop pula. Kalau itu sudah dipenuhi masih harus dilihat disiplin penerapannya. "Yang biasa di ''curi'' kontraktor, mandor atau tukang adalah tulangannya," ujar Prof Suprobo. "Tidak bisa ditawar. Tulangan itu harus tiap 10 cm," katanya. "Biasanya dijarangkan  sampai 15 atau 20 cm," tambahnya.

Ukuran baja tulangan yang menghubungkan satu tulang dengan tulang lainnya itu harusnya 10 mm. "Biasanya juga dicuri menjadi 6 mm," ujarnya.

Meski alumni SMAN 1 Yogyakarta dan lahir di Klaten, Prof Probo pilih kuliah di teknik sipil ITS. "Agar cepat lulus," katanya. "Waktu itu kuliah di UGM terkenal makan waktu lebih lama," tambahnya.

Meski peraturan, petunjuk dan tutorial sudah sangat lengkap, kita memang punya problem yang sama dengan Filipina, India, Pakistan, Meksiko dan negara setara lainnya: izin bangunan dan kontrol akan izin bangunan itu. Rasanya kita masih perlu menunggu satu generasi lagi untuk mulai melangkah ke sana. Sementara ini tampaknya kita hanya bisa memilih apa boleh buat: setiap terjadi bencana yang sama harus  siap-siap memperdalam duka.

Padahal bencana gempa tidak akan berkurang. Kita dengan berdebar menunggu terbitnya peta baru gempa di Indonesia. Peta gempa  memang terus diperbarui. Tiap lima tahun sekali.

Dari pengalaman di masa lalu selalu terjadi pertambahan wilayah baru yang masuk peta gempa.

Daerah yang dulu aman bisa saja berubah menjadi tidak aman gempa. Seperti Surabaya. Rasanya sudah mulai masuk peta gempa di peta yang terbaru. Mungkin pemerintah belum berani terus terang. Khawatir menggelisahkan. Padahal sudah ditemukan garis gempa baru: menjelirit dari Bangkalan di ujung barat Madura sampai ke gunung Kendeng di Bojonegoro. Melintasi bagian utara Surabaya, Gresik dan Lamongan.

Bandung bisa jadi juga punya peta baru gempa, bertambah dari peta yang lama. Pun Jakarta, sudah mulai masuk di peta yang terbaru.

Siapa pun yang di SMA belajar fisika tentu tahu rumus ini: daya gempa adalah masa x percepatan. Percepatan di situ berarti cepatnya gelombang getaran.

Maka kian berat beban sebuah rumah kian besar daya yang diterima. Bata merah adalah bahan bangunan yang amat berat. Karena itu disiplin dalam mengatur jarak slop dan tulangan tidak bisa ditawar.

Tentu berkembangnya industri bata ringan belakangan ini bisa mengurangi risiko itu. Belum lama ini saya menghadiri peresmian pabrik bata ringan yang sangat besar di Sragen. Teman saya itu sudah punya pabrik serupa di kabupaten lain. Kini sudah tak terhitung banyaknya pabrik bata ringan di seluruh Jawa. Memang usaha bata akan pindah dari usaha rakyat ke kapitalistik, tapi itulah yang terjadi.

Waktu kecil saya bisa membuat bata merah. Mengaduk tanahnya. Mencetaknya. Menjemurnya: dengan menumpuknya bersilang-silang. Memanggulnya ke tempat pembakaran. Sekali panggul kuat lima bata mentah. Lalu membakarnya: satu harmal. Sekali bakar 1000 bata.

Saya sama sekali tidak tahu bahwa bata merah tidak ideal untuk bangunan di wilayah gempa. Rasanya orang Cianjur juga tidak tahu. Apakah setelah gempa ini mereka membangun kembali rumah dengan taat aturan gempa itulah persoalan kita.

Semua ahli heran: gempanya 5,6 skala richter. Korbannya begitu banyak. Maka benar: gempa tidak membunuh manusia; bangunanlah yang membunuh mereka. (Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 22 November 2022: Lima Golongan

 

EVMF

Pak Mirza, Gempa di Cianjur dengan magnitudo 5,6 mengakibatkan kerusakan yang parah karena episentrum-nya di darat dengan kedalaman yang termasuk kategori dangkal yakni hanya +/-10km dari permukaan tanah. Ini termasuk kategori shallow earthquake yakni episentrum dengan kedalaman kurang dari 70 km. Gelombang yang ditimbulkan umumnya berupa primary wave (compressional wave) berupa gelombang longitudinal yang merambat dengan kecepatan yang sangat luar biasa +/-6km per detik, sehingga mengakibatkan kerusakan yang sangat parah.

 

Chei Samen

Sakitnya tuh di sini.. di sini.. di sini.. di Malaysia, negara Ku! Perang idealisme, perang pendapat, perang muafakat. Juga perang janji. Di partai koalisi. Bang Dahlan, pandangan dan pendapat tuan saya akur. Ada juga benarnya! Cuma Abah tertinggal satu input. Kehadiran pengundi muda usia 18 tahun. Otomatis. Mulai pru 15 kelmarin. Anak muda ini berinformasi. Merekalah pelakar sejarah meredumnya dominasi Umno/BN. Melejitnya dokongan koalisi gabungan anti Umno. Dari 54 tinggal 30 kursi. Prediksi saya, akan datang cuma 15 atau mungkin tinggal 10 kursi. Tangan anda mencincang, bahu anda kan memikul. Rasaaaiin! (Minjam kata Pak Mirza dulu-dulu) Kelmarin sore. Senin, saya tertunggu. Selasa sore ini, juga menunggu. Siapa PM ku?? Mengambil kesempatan ini, saya ucap simpati dan kesedihan atas kejadian alam di Cianjur dan sekitarnya kelmarin. Moga sabar dan kuat semangat menghadapi kejadian ini. Salam persaudaraan.

 

Rihlatul Ulfa

Tentang cadaver. bagus sekali jika seseorang mau mengabdikan tubuhnya untuk kemajuan fakultas kedokteran melalui jenazahnya. masalah hak milik tubuh 'milik Tuhan' biarlah itu jadi urusan dia dan Tuhannya. toh dosapun pertanggung jawaban atas dirinya dan Tuhan. ada seseorang yg mengatakan ingin jenazahnya di bakar untuk menjadi abu, mudah2an abu tersebut bisa menjadi pupuk yg subur bagi tanah dibumi. begitu katanya, duh saya sangat tersentuh. jika saja semua yg ada ditubuh ini bisa 'dikasih' oleh orang lain tanpa ada 'dikte agama sebelumnya' bisa dibayangkan manusia benar2 membantu menolong manusia untuk hidup lebih baik kedepannya.

 

munawir syadzali

Cintailah org yg kamu cintai seperlunya, bisa jd suatu hari nanti akan menjadi musuhmu, dan bencilah org yg kamu benci sepatutnya, karena bisa jadi suatu hari kelak akan menjadi yg kau cinta

 

Mbah Mars

Jangan jadi politisi kalo masih berprinsip "Dadi godhong ora arep nyuwek dadi banyu ora arep nyawuk"

 

yea aina

Dunia politik penuh dengan intrik. Kalau jadi daun ya daun talas Mbah, kena air tanpa basah. Jadi air ya air syrop atau air kopi, siapa yang kuat menolak kalau disuguhkan?

 

Jimmy Marta

Kita akan segera menikmati adu pintar. Antara penyidik dg lawyer kondang HP. Jurus pertama sudah dikeluarkan. Disebut ada fakta baru. BB 5kg masih utuh di jaksa. TM dan HP akan bermain di BB 36,4 kg yg dibakar hangus. Padahal disitu termasuk 5kg tawas. Tentu dalam berita acara pemusnahan bb tidak ada penggantian dg tawas. Pihak penyidik baru sekedar menangkis, mereka punya 4 bukti lain. Para tersangka D dan TM akan dikonfrontir. Entah lah ini jurus apa . Apakah td spt bharada E dipertemukan dg FS. Takut?. Mestinya ini beda. Ini akbp vs bintang dua. Namun hati2, ini HP lawyer bintang lima.

 

yea aina

 

Peti undi transparan menghasilkan lima golongan, beda dengan kotak kardus digembok, membuahkan tiga golongan: cebong, kampret dan indukan bongpret kwkwkw.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 141

  • WIRA
    WIRA
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • EVMF
    EVMF
    • EVMF
      EVMF
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Johan
      Johan
    • Liam Then
      Liam Then
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Johan
      Johan
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Johan
      Johan
  • Hendro Purba
    Hendro Purba
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Rihlatul Ulfa
    Rihlatul Ulfa
  • Rihlatul Ulfa
    Rihlatul Ulfa
  • Rihlatul Ulfa
    Rihlatul Ulfa
  • Legeg Sunda
    Legeg Sunda
  • Legeg Sunda
    Legeg Sunda
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • yea aina
      yea aina
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Sama Konomaharu
      Sama Konomaharu
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Harun Sohar
    Harun Sohar
  • yea aina
    yea aina
    • yea aina
      yea aina
    • Liam Then
      Liam Then
  • Alon Masz Eh
    Alon Masz Eh
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Leong putu
    Leong putu
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Muin TV
    Muin TV
  • Lukman bin Saleh
    Lukman bin Saleh
  • Gajah Abot
    Gajah Abot
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
  • Lukman bin Saleh
    Lukman bin Saleh
  • Sogia Manom
    Sogia Manom
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
  • Muh Nursalim
    Muh Nursalim
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Liam Then
      Liam Then
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • san santoso
      san santoso
    • Liam Then
      Liam Then
    • ra tepak pol
      ra tepak pol
    • ra tepak pol
      ra tepak pol
  • EVMF
    EVMF
  • Jhelang Annovasho
    Jhelang Annovasho
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
    • Zulfikhar Zulmi
      Zulfikhar Zulmi
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
    • Macca Madinah
      Macca Madinah
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Sama Konomaharu
    Sama Konomaharu
    • Sama Konomaharu
      Sama Konomaharu
    • Sama Konomaharu
      Sama Konomaharu
  • Macca Madinah
    Macca Madinah
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Macca Madinah
      Macca Madinah
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • Liam Then
      Liam Then
  • HS Bhekti
    HS Bhekti
  • Giyanto Cecep
    Giyanto Cecep
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • alasroban
    alasroban
  • A fa
    A fa
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Zulfikhar Zulmi
      Zulfikhar Zulmi
    • Dian Gambar
      Dian Gambar
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
    • Everyday Mandarin
      Everyday Mandarin
    • EVMF
      EVMF
  • ALI FAUZI
    ALI FAUZI
  • Jo Neka
    Jo Neka
  • AnalisAsalAsalan
    AnalisAsalAsalan
  • Elika askia
    Elika askia
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Dian Gambar
      Dian Gambar
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Sama Konomaharu
    Sama Konomaharu
    • Sama Konomaharu
      Sama Konomaharu
  • Ahmad Zuhri
    Ahmad Zuhri
    • Nimas
      Nimas
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
  • munawir syadzali
    munawir syadzali
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • Liam Then
      Liam Then
    • ra tepak pol
      ra tepak pol
  • Mamak Edi
    Mamak Edi
  • Multi Suk
    Multi Suk
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • Liam Then
      Liam Then
  • Indonesia Raya
    Indonesia Raya
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
  • Pramudya Supardi
    Pramudya Supardi
  • AnalisAsalAsalan
    AnalisAsalAsalan
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Indonesia Raya
      Indonesia Raya
  • Namu Fayad
    Namu Fayad
  • Sofhian FN
    Sofhian FN
  • rid kc
    rid kc
    • Indonesia Raya
      Indonesia Raya
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Leong putu
    Leong putu
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • Chei Samen
      Chei Samen
    • Imam azza
      Imam azza