Mengenal KSAU Jenderal Fadjar Prasetyo, Sosok dengan Prestasi Tak Kalah Menterengnya

Mengenal KSAU Jenderal Fadjar Prasetyo, Sosok dengan Prestasi Tak Kalah Menterengnya

KSAU Jenderal TNI Fadjar Prasetyo sempat menjadi kandidat kuat menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa-Foto/Dok/TNI AU-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Tepat ketika usianya menginjak 58 tahun, Desember mendatang, Panglima TNI Jenderal Andika Prakasa akan purnatugas.

Sudah hampir dua tahun, Andika Prakasa menjabat sebagai Panglima TNI, yakni pada 2021 di usianya yang menginjak 56 tahun, Presiden Joko Widodo melantiknya sebagai Panglima TNI.

Saat ini terdapat tiga kandidat yang siap mengganti posisi Andika Prakasa, yaitu Jenderal Dudung dari TNI AD, Jenderal Yudo Margono dari TNI AL, dan Jenderal Fadjar Prasetyo dari TNI AU.

BACA JUGA:Puan Maharani: Jenderal Yudo Margono Calon Tunggal Panglima TNI, Tak Ada Pilihan Lain?

Lantas dari ketiga kandidat tersebut, berikut akan dibahas profil dan sepak terjang dari Jenderal Fadjar Prasetyo.

Fadjar Prasetyo lahir pada 9 April 1966, merupakan seoar perwira tinggi TNI AU yang sejak 20 Mei 2020 menjabat sebagi Kepala Staf TNI Angkatan Udara ke-23. Pada 1988, Fadjar lulus Akademi Angkatan Udara.

Sebelumnya, Fadjar menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II.

Fadjar juga merupakan penerbang pesawat tempur A-4 Skyhawk dengan callsign ‘Bobcat’ di Skuadron 11 Landasan Udara Sultan Hasanudin, Makassar pada 1990 selama lima tahun.

BACA JUGA:Harapan KontraS untuk Panglima TNI Selanjutnya: Tuntaskan Warisan Masalah di Dalam Tubuh Institusi!

Di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Fadjar bertugas sebanyak dua kali.

Kali pertama, Fadjar di angkat menjadi Komandan di Skuadron Udara 17, dan kali kedua Fadjar diangkat menjadi Komandan Wing 1 pada 2013.

Fadjar Prasetyo juga pernah menjadi Direktur Pendidikan dan Latihan di Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Udara pada tahun 2016.

Fadjar mendapatkan pangkat Jenderal Bintang Satu atau Marsekal Muda TNI, kemudian ia kembali ditugaskan di Halim Perdanakusuma menggantikan Marsma TNI Sri Mulyo Handoko sebagai Komandan Landasan Udara Halim Perdanakusuma.

BACA JUGA:Fix, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Segera Diganti, Surat Presiden Sudah Masuk DPR

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: