Hari Relawan Internasional, Berikut Ini Manfaat dan Cara Menjadi Relawan

Hari Relawan Internasional, Berikut Ini Manfaat dan Cara Menjadi Relawan

Ilustrasi aktivitas kerelawanan.-Pexels/cottonbro studio-

2.     Meningkatkan kepercayaan diri

Ketika mengerjakan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain, bertemu berbagai macam orang, dan menghadapi sebuah tantangan merupakan hal yang dapat ditemukan dalam kegiatan kerelawanan.

Membantu orang yang membutuhkan memberikan sensasi pencapaian diri sebagai orang yang bermanfaat. Hal tersebut mampu membuat seseorang menjadi lebih percaya diri dan yakin bahwa ia dapat menjadi orang yang lebih baik dengan terus melakukan kebaikan.

BACA JUGA:Gunung Semeru Erupsi, Ribuan Warga Lumajang Mulai Mengungsi

3.     Memperluas jaringan

Umumnya relawan menjadi bagian dari sebuah lembaga, ketika berada di lapangan biasanya sesama relawan akan bertemu dan saling bekerja sama untuk membantu orang lain. Saat itulah jaringan pertemanan dapat dimulai.

Bertemu dan berkenalan dengan orang baru dapat memberikan pelajaran apalagi jjika orang yang ditemui merupakan orang yang berpengalaman. Sehingga seseorang yang baru terjun menjadi seorang relawan dapat menjalani aksinya dengan lebih adaptif dan mendapat pengetahuan dari orang yang telah memiliki pengalaman tersebut.

4.     Menjaga kesehatan mental

Ketika menjadi relawan, seseorang intens membantu orang lain dan ini penting untuk kesejahteraan psikologi relawan.

Dilansir dari jurnal ilmiah, orang yang seruing mengikuti kegiatan kerelawanan memiliki tingkat kesehatan dan kepuasan hidup yang tinggi.

Selain itu, melakukan aksi kerelawanan dengan membantu banyak orang dapat membuat sesaeorang menjadi lebih bersyukur atas hidup yang dijalaninya.

BACA JUGA:Sambut Kompetisi Liga 1 Dimulai 5 Desember, Presiden Persija Jakarta Ingatkan Momen yang Ditunggu-tunggu

5.     Mempelajari hal baru

Setiap kondisi dan situasi yang dihadapi para relawan tentu berbeda, dan ada kondisi yang mengharuskan relawan untuk mengambil inisiatif. Sehingga relawan dapat menjelajahi kemampuan baru yang mungkin tidak sadar dimilikinya.

Sehingga relawan dapat mengembangkan potensinya dengan melakukan aksi kerelawanan dan membantu orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: