Hari Relawan Internasional, Berikut Ini Manfaat dan Cara Menjadi Relawan

Hari Relawan Internasional, Berikut Ini Manfaat dan Cara Menjadi Relawan

Ilustrasi aktivitas kerelawanan.-Pexels/cottonbro studio-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Relawan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah orang yang melakukan sesuatu secara sukarela dan tanpa paksaan.

Sederhananya, relawan adalah seseorang yang bergabung dalam komunitas, organisasi, maupun kelembagaan yang menghasilkan dampak besar bagi masyarakat serta yang dilakukannya atas dasar pribadi, keinginan sendiri, dan tanpa paksaan mau pun imbalan.

Seorang relawan dapat memberikan kontribusinya dalam bentuk tenaga, jasa, waktu, dana, serta keahliannya dalam membantu orang lain.

BACA JUGA:Waspada Sesar Lembang Aktif! Gempa Bumi Magnitudo 6,5 Sampai 7 SR Ancam Bandung Barat dan Sumedang

Relawan dapat ditemukan dalam berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, sosial kemanusiaan, lingkungan, dan juga politik.

Untuk mengajak seseorang menjadi seorang relawan, lembaga harus menjelaskan isu apa yang sedang diperjuangkan sehingga menggerakkan hari orang tersebut untuk berkontribusi menjadi relawan.

Relawan memiliki peran yang besar bagi lembaga yaitu untuk filantropi, donator, kaderisasi, meningkatkan akuntabilitas, serta menjadi penghubung antara lembaga dengan publik.

Bagi orang-orang yang dibantu oleh relawan, para relawan memiliki pengaruh yang besar dalam mengubah kondisi orang tersebut sehingga kontribusinya sangat dihargai.

Namun ternyata menjadi seorang relawan tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, menjadi relawan juga bisa bermanfaat untuk diri sendiri.

BACA JUGA:Semeru Naik Status Awas! Awan Panas Guguran Sudah Sampai Gladak Perak

Manfaat Menjadi Relawan

1.     Menumbuhkan kepedulian terhadap sesama

Orang yang berpartisipasi dalam kegiatan kerelawanan cenderung memiliki simpati yang tinggi, sehingga hatinya mudah tergerak untuk membantu orang lain tanpa imbalan.

Berada di lingkungan yang produktif dan sering berhadapan dengan orang yang membutuhkan bantuan serta perhatian dapat membuat seseorang menjadi lebih peka dengan permasalahan yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: