Kampanye Anti Pelecehan, Kekerasan pada Penumpang, PT KAI Daop 1: Pelaku Tindakan Seksual Akan Diblacklist!

Kampanye Anti Pelecehan, Kekerasan pada Penumpang, PT KAI Daop 1: Pelaku Tindakan Seksual Akan Diblacklist!

Humas PT KAI Daop 1 Jakarta-Humas PT KAI Daop 1 Jakarta-Humas PT KAI Daop 1 Jakarta

JAKARTA, DISWAY.ID - PT KAI Daop 1 Jakarta memperingati Kampanye internasional 16 Hari Anti-Kekerasan terhadap Perempuan bersama Suara Hati Perempuan Foundation yang berlangsung hingga 15 Desember 2022.

PT KAI berharap melalui peringatan hari anti kekerasan terhadap perempuan yang berlangsung di Stasiun Gambir kasus- kasus asusila atau kekerasan pada perempuan tidak terjadi lagi.

Penyelenggaraan pameran Karya seni budaya dan diskusi terkait upaya pencegahan tindak kekerasan atau pelecehan seksual pada perempuan.

Pameran dan sejumlah kegiatan kampanye berjudul Seni & Tutur Perempuan ’16 Perempuan, 16 Suara, 16 Kekuatan’ tersebut diprakarsai oleh Suara Hati Perempuan Foundation.

“Sebagai yayasan yang menggunakan seni dan budaya dalam memberdayakan perempuan dan membantu saling menghargai dengan keragamannya,” ujar Eva Chairunisa Ka Humas PT KAI Daop 1 Jakarta pada keterangan tertulis yang diterima disway.id, Sabtu 10 Desember 2022.

BACA JUGA:9 Tuntutan Buruh di Hari HAM Sedunia

“Seni dan Tutur Perempuan memadukan berbagai pekerja seni di Indonesia dengan beragam gagasan dan ekspresi untuk menyuarakan isu-isu perempuan yang selama ini kerap berkembang di masyarakat,” Lanjut Eva.

Menurut Eva, Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam hal suara perempuan dalam seni dan budaya dan pengaruhnya terhadap kesetaraan hak asasi manusia.

“Serta peningkatan peluang kebebasan berpendapat serta berani bersuara ini merupakan satu dari lima rangkaian kegiatan roadshow Suara Hati Perempuan Foundation. Yang juga didukung oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan Komnas Perempuan,” katanya.

Lanjut, Nova Eliza selaku Founder Suara Hati Perempuan Foundation, mengatakan “Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan merupakan kampanye internasional, untuk mendorong upaya-upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia. 

“Kekerasan terhadap perempuan saat ini masih tinggi di Indonesia, oleh karena itu dengan adanya ajang Judul Seni & Tutur Perempuan ’16 Perempuan, 16 Suara, 16 Kekuatan’ ini, kami ingin adanya Peningkatan kesadaran dalam hal suara perempuan dalam seni dan budaya dan pengaruhnya terhadap kesetaraan dan hak asasi manusia serta peningkatan peluang kebebasan berpendapat dan berekspresi,” ujar Nova Eliza selaku Founder Suara Hati Perempuan Foundation.

Melalui akses yang lebih besar terhadap sarana ekspresi budaya dan seni sekaligus menciptakan ruang aman bagi perempuan. Satu Perempuan berani Speak Up, akan menyelamatkan ribuan hingga jutaan calon korban lain dari tindak kekerasan. 

“Kami berharap semua pihak perlu menjalin sinergi, kerja sama dan bergandengan tangan antara Pemerintah dengan lembaga masyarakat, akademisi, dunia usaha dan lain-lain agar tindak kekerasan terhadap perempuan dapat teratasi di Indonesia,” ucap Nova. 

BACA JUGA:Ribuan Wanita Dipaksa Aborsi, PBB Panggil Pemerintah Nigeria

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: