Keakurasian Tes Poligraf 93 Persen Bongkar Kobohongan Sambo

Keakurasian Tes Poligraf 93 Persen Bongkar Kobohongan Sambo

Saksi Ahli Poligraf Puslabfor Polri, Aji Febrianto yang mengungkap akurasi tes kebohongan itu memiliki akurasi sampai 93 persen,- Bambang Dwi Atmodjo-

JAKARTA, DISWAY.ID - Jaksa Penuntut Umum menghadirkan Saksi Ahli Poligraf Puslabfor Polri, Aji Febrianto yang mengungkap akurasi tes kebohongan itu memiliki akurasi sampai 93 persen, hal itu disampaikan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 14 Desember 2022.

Menurut Aji, tes Poligraf itu sulit untuk dimanipulasi karena tes Poligraf memiliki akurasi tinggi untuk mengetes kebohongan seseorang.

Aji Febrianto dihadirkan oleh JPU untuk mengungkap kesaksiannya atas 5 terdakwa Putri Candrawathi, Ferdy Sambo, Ricky Rizal, Kuat Maruf yang duduk bersama di ruang sidang utama.

Adapun terdakwa lain Richard Eliezer ditempatkan di ruangan Khusus karena di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan karena dia dilindungi oleh LPSK, dan sidang dilakukan secara online oleh Bharada E.

BACA JUGA:Hasil Lie Detector Hanya Richard Eliezer Berkata Jujur Bikin Sambo Meradang, ‘Akan Berdampak Pada Keluarga saya’

BACA JUGA:Waduh! Alasan Efesiensi, 200 Karyawan JD.ID Kena PHK

Dalam tes poligraf yang sudah dilakukan ahli sebelumnya, di mana hasil tes yang dilakukan oleh Ferdy Sambo, Kuat Maruf dan Putri Candrawathi diduga terindikasi berbohong atas kasus kematian Brigadir J.

Aji menjelaskan fungsi Poligraf di hadapan majelis hakim yang diketuai oleh Iman Wahyu Santoso, bahwa tes Poligraf itu menentukan apakah orang tersebut terindikasi bohong atau jujur saat dites.

“Poligraf adalah aktivitas pemeriksaan dengan menggunakan alat poligraf untuk menentukan seseorang itu apakah teridentifikasi bohong atau jujur yang mulia,” ucap Aji.

Menurut Aji, tingkap keakurasian tes Poligraf itu memiliki tingkat ketepatan mencapai 93 persen.

BACA JUGA:Kronologi Majikan Aniaya ART di Apartemen Simprug, Mulai Dari Dipukul, Disiram Air Panas, Hingga Makan Kotoran Anjing

BACA JUGA:Apa Itu Core Values BUMN? Ini Salah Satu Materi TKD yang Wajib Kamu Kuasai

“Sesuai jurnal yang dikeluarkan Asosiasi Poligraf Amerika, untuk teknik yang kita gunakan, yaitu Tahiat City memiliki keakuratan di atas 93 persen,” ujar Aji.

Dalam kesempatan tersebut, Aji juga menjelaskan jika pemeriksaan kelima tersangka dilakukan sebelum berkas dilimpahkan dan merupakan rangkaian dalam pemeriksaan penyidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: