Ini Dia Pria Terpendek di Dunia, Usia 20 Tahun Tingginya Hanya 65 Cm

Ini Dia Pria Terpendek di Dunia, Usia 20 Tahun Tingginya Hanya 65 Cm

Pria Terpendek di Iran, Afshin Esmaeil Ghaderzadeh-Guinness World Records-YouTube Channel

JAKARTA, DISWAY.ID - Afshin Esmaeil Ghaderzadeh, pria asal Iran yang lahir pada 13 Juli 2002 kini resmi dinobatkan sebagai manusia terpendek di dunia yang masih hidup.

Afshin hanya memiliki tinggi badan setinggi 65,24 cm (2 kaki 1,6 inci).

Dia hampir 7 cm (2,7 inch) lebih pendek dari pemegang rekor sebelumnya, Edward "Niño" Hernandez (Kolombia) yang sudah berusia 36 tahun.

BACA JUGA:Rekor Rumah Kartu Tertinggi di Dunia Dipecahkan Oleh Pria Asal China: Dibangun Dalam Waktu 12 jam!

Dilansir dari laman guinnessworldrecords, Afshin adalah pria terpendek keempat yang pernah diverifikasi oleh Guinness World Records (GWR).

Afshin diterbangkan ke GWR di Dubai untuk melakukan pengukuran yang dilakukan tiga kali selama 24 jam, menghasilkan rekor ketinggian yang akurat.

Saat berada di Dubai, Afshin menikmati perjalanan ke penjahit dan tukang cukur sebelum mencentang item dari daftar keinginannya: mengunjungi gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa.

Afshin ditemukan di desa terpencil yang terletak di Kabupaten Bukan, Provinsi Azerbaijan Barat, Iran. Dia bisa berbicara bahasa Kurdi dan Persia, menggunakan dialek Farsi.

BACA JUGA:Skuad Estafet SMAN 5 Karawang Ingin Pecahkan Rekor Energen Champion SAC Indonesia

Ia lahir dengan berat badan 700 g (1,5 lb) dan kini telah tumbuh menjadi hampir 6,5 kg (14,3 lb).

Kehidupan Afshin di Iran Utara tidaklah mudah. Tidak dapat bersekolah karena ukuran tubuhnya, Afshin berjuang dengan literasi. Namun, dia senang baru-baru ini belajar menulis namanya.

“Melanjutkan pengobatan dan kelemahan fisik anak saya adalah alasan utama mengapa dia berhenti belajar, kalau tidak dia tidak memiliki masalah mental,” kata Esmaeil Ghaderzadeh, ayah Afshin.

Sebaliknya, Afshin mahir menggunakan smartphone, meski sulit dibawa. “Ponsel pada umumnya berat untuk digunakan dalam waktu lama, namun saya masih bisa mengatasinya,” kata Afshin kepada kami.

BACA JUGA:Messi Sukses Pecahkan 5 Rekor Terbaru Usai Bawa Argentina Berjaya di Piala Dunia 2022, GOAT!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: