Pengganti Pertalite Setara Pertamax Turbo untuk Sepeda Motor Full Tank 2,5 Liter Mampu Tembus 100 Kilometer, Harga Cuma Rp 3.100 per Liter

Pengganti Pertalite Setara Pertamax Turbo untuk Sepeda Motor Full Tank 2,5 Liter Mampu Tembus 100 Kilometer, Harga Cuma Rp 3.100 per Liter

Bahan bakar CNG akan menjadi solusi dari Pertamina untuk menekan biaya subsidi BBM Solar dan Pertalite yang tahun ini mencapai Rp 500 triliun lebih-Foto/Dok/Pertamina-

BACA JUGA:Pengganti BBM Pertalite Pembunuh Kendaraan Listrik dari Pertamina Dengan Kualitas Setara Pertamax Turbo Hanya 3 Ribuan

Kapasitas Tabung CNG Cukup 2,5 Liter Bisa Jangkau 100 Kilometer

Direktur Utama PGN (Perusahaan Gas Negara) M Haryo Yunianto menyebut kompoisis CNG untuk sepeda motor adalah metana yang bersih dan beroktan tinggi.

Rencananya, tangki untuk bahan bakar CNG akan menggunakan tabung berbahan baja.

Kapasitas penyimpanannya hanya cukup 2,5 liter CNG dan dapat menjangkau jarak hingga 100 kilometer dalam sekali pengisian penuh.

“Komposisi utama CNG untuk sepeda motor adalah metana yang bersih dan beroktan tinggi mampu memberikan manfaat performa mesin yang baik dan gas buang yang ramah lingkungan,” ujar Haryo.

BACA JUGA:Mengenal CNG, Bahan Bakar 'Pembunuh' Pertalite yang Disebut Lebih Moncer untuk Mesin Kendaraan

Penggunaan CNG Lebih Hemat Kantong Dibanding Pertalite

Haryo merumuskan bagaimana biaya pengeluaran bahan bakar antara CNG dengan Pertalite yang saat ini dijual Rp 10.000 per liter.

Menurutnya, CNG dapat menekan biaya dan potensi penghematan harga bahan bakar hingga 55% setara Rp 6,9 juta per tahun (konsumsi 4 liter BBM Pertalite/hari).

Sementara itu, katanya, beban subsidi BBM dan ketergantungan impor BBM yang dapat ditekan setara 125 ribu kilo liter per tahun.

BACA JUGA:Penting! 3 Jenis BBM Dilarang Dijual per 1 Januari 2023, Nasib Pertalite Terancam?

Dengan demikian, bahan bakar CNG akan menjadi solusi untuk peralihan atau konversi BBM ke BBG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: