BMKG Rilis Cuaca Jelang Nataru, Mana Saja yang Ekstrem Sampai Sedang?

BMKG Rilis Cuaca Jelang Nataru, Mana Saja yang Ekstrem Sampai Sedang?

Tangkap Layar Youtube Info BMKG-Tangkap Layar Youtube Info BMKG-Tangkap Layar Youtube Info BMKG

JAKARTA, DISWAY.ID-- Masyarakat harus waspada cuaca ekstrem yang ingin berpergian melalui darat, laut ataupun udara, jelang Natal dan Tahun Baru 2023.

Nataru mendatang tentu mobilitas masyarakat yang ingin berpergian keluar kota sangat tinggi.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers mengatakan, bahwa dari hasil survei Kementerian Perhubungan ada 40 Juta masyarakat yang mobile menjelang Natal dan Tahun Baru.

BACA JUGA:Dahsyat! Cuma Rp 3.000 per Liter CNG Pengganti BBM Pertalite Punya Kualitas Setara Pertamax Turbo, Tersedia di SPBU?

BACA JUGA:Pengumuman! Pendaftaran PPS Pemilu 2024 Dibuka Untuk Umum, Cek Syarat dan Caranya

“Perlu saya sampaikan adanya cuaca ekstrem pada saat mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) dan sampai arus balik, padahal dari hasil survei Kementerian Perhubungan di Prediksi akan terjadi kurang lebih 40 juta orang mobile atau bergerak selama periode Natal dan Tahun Baru,” ujar Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati dalam Konferensi Pers,  Selasa 20 Desember 2022.Malam.

Menurut Dwikorita, BMKG mendeteksi cuaca yang sangat berpotensi Ekstrem karena perkembangan cuaca yang dipicu dari berbagai fenomena Anomali dinamika Atmosfer.

“Dari Monitoring yang dilakukan oleh BMKG kami mendeteksi perkembangan kondisi cuaca yang sangat berpotensi menjadi ekstrem, jadi perkembangan kondisi cuaca yang dipicu oleh berbagai fenomena anomali dinamika atmosfer yang terjadi secara bersamaan,” ujar Dwikorita dalam keterangannya yang dikutip disway.id,  Selasa 20 Desember 2022. Malam.

BACA JUGA:Meutya Hafid Kaget Deddy Corbuzier Sandang Pangkat Letkol Tituler TNI AD, 'Tugasnya Apa?'

BACA JUGA:Ssstt.. Ternyata Ada Grup WA

Dwikorita menyampaikan, terdeteksi adanya potensi untuk siaga terjadinya cuaca ekstrem pada periode tanggal 21 hingga 23 Desember 2022, Ada 12 Provinsi sebagai berikut.

“Ada 12 Provinsi yang dikategorikan perlu siaga potensi cuaca ekstrem yaitu di sebagian wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku dan wilayah Papua,” ucap Dwikorita.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati Mengatakan, pada tanggal 24 Desember 2022 ada potensi siaga pada cuaca dari perkiraan berbasis dampak.

“Khusus tanggal 24 Desember 2022 potensi siaga dari perkiraan berbasis dampak diprediksi di sebagian wilayah Jawa Tegah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan, jadi ditanggal 24 ada 3 provinsi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: