Untuk Kesekian Kalinya, Tongkang Batu Bara Tabrak Tiang Jembatan Sungai Mahakam, Ini Kronologinya

Untuk Kesekian Kalinya, Tongkang Batu Bara Tabrak Tiang Jembatan Sungai Mahakam, Ini Kronologinya

Kapal Tongkang bermuatan Batu Bara menabrak tiang penyangga jembatan Sungai Mahakam, Jumat 23 Desember 2022-Humas Polri-

SAMARINDA, DISWAY.ID-Kesekian kalinya Kapal Tongkang bermuatan Batu Bara yang melintasi perairan Sungai Mahakam menabrak tiang penyangga jembatan Sungai Mahakam Samarinda, Jumat 23 Desember 2022. 

Melansir keterangan Humas Polda Kaltim, Senin 26 Desember 2022, saat mendapat informasi Tongkang tabrak tiang Sungai Mahakam Jumat lalu, Sat Polairud Polresta Samarinda mengecek langsung ke tkp. 

Setibanya di lokasi, personel mendapati tiang penyangga jembatan mengalami kerusakan akibat benturan tongkang. 

BACA JUGA:Kapal Tongkang Patah, Ribuan Ton Klinker Tumpah ke Laut Bayah

Berdasarkan informasi di lapangan, Kapal TB. Mitra Anugrah I tidak kuat menarik tongkang yang melambung ke arah kanan akibat terdorong arus sungai yang sangat kuat di perairan sungai Mahakam Samarinda.

Sedangkan Tb. Herlin yang bertugas mengasis sudah dalam keadaan mesin RPM penuh untuk menarik bagian buritan tongkang APOL 3017 namun akibat arus deras tongkang tersebut menghantam tiang jembatan.

Benturan sendiri persisnya pada jalur lintas yang biasa digunakan untuk lalu lintas kapal, serta melakukan penggolongan dengan dibantu kapal assist.

BACA JUGA:Muatan Ketinggian, Kapal Tongkang Tersangkut di Jembatan Martadipura

Atas kejadian tersebut, Sat Polairud Polresta Samarinda lakukan evakuasi dan pemeriksaan terhadap nahkoda kapal untuk memastikan penyebab insiden tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim M Faisal mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir melintasi Sungai Mahakam pasca insiden tersebut. 

"Karena berdasarkan hasil Investigasi tim gabungan dari lintas instansi, jembatan ini masih aman dilalui," ujar M Faisal.

Hingga kini, katanya, tim gabungan terus melakukan pemeriksaan lebih mendalam lagi, sedangkan jika ada hal-hal yang mengkhawatirkan, maka akan diumumkan ke publik dan dilakukan tindakan lanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: