Profil Lengkap Laksamana TNI Muhammad Ali, dari Prajurit Kapal Selam Hingga Jadi KSAL TNI, Bukan Sosok Sembarangan!

Profil Lengkap Laksamana TNI Muhammad Ali, dari Prajurit Kapal Selam Hingga Jadi KSAL TNI, Bukan Sosok Sembarangan!

Laksamana TNI Muhammad Ali Resmi Dilantik menjadi KSAL TNI Oleh Presiden Joko WIdodo.-(Foto/TangkapanLayar/Youtube/Sekretariat Presiden)-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Menggantikan Laksamana Yudo Margono yang telah dilantik menjadi Panglima TNI, Laksamana Madya Muhammad Ali resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) pada Rabu 28 Desember 2022.

Sebagai KSAL baru TNI, tentunya ada banyak masyarakat yang ingin lebih mengenal sosok Laksamana TNI satu ini.

Selain karena beliau adalah salah satu sosok pemimpin TNI yang melindungi negara, masyarakat juga jadi ingin lebih tahu dan ingin mengenal lebih dekat mengenai Laksamana TNI Muhammad Ali.

Profil Laksamana TNI Muhammad Ali

Pria dengan nama lengkap Muhammad Ali tersebut, lahir pada tanggal 9 April 1967.

Dirinya merupakan seorang TNI angkatan ke-35 Akademi Angkatan Laut atau AAL dan lulus tahun 1989.

Sebelum dilantik menjadi KSAL TNI, Ali juga sering mendapatkan jabatan penting selama masa kariernya dalam dunia militer.

Dari pertama meniti kariernya, Muhammad Ali memang sudah sering menghabiskan waktu di laut, karena dilihat dari tugas saat awal dirinya menjabat ialah sebagai Perwira Departemen Operasi Kapal Perang Republik Indonesia Sigalu – 857 pada tahun 1990 lalu.

Tidak berselang lama, pada tahun 1992, Muhammad Ali pindah ke kapal selam KRI Nanggala – 402 sebagai Asisten Perwira Divisi Ekasen.

Memang benar kalau karier dari Laksamana TNI Muhammad Ali banyak berada di kapal selam TNI.

Bahkan, Muhammad Ali sempat menjadi Komandan KRI Nanggala – 402 pada tahun 2004 – 2006.

Jabatan penting yang pernah dijabat oleh Muhammad Ali lainnya adalah ketika dirinya ditunjuk sebagai ajudan Wakil Presiden Republik Indonesia ke – 11 Boediono.

Sebelum dilantik menjadi KSAL TNI oleh Presiden Jokowi, Muhammad Ali menduduki jabatan sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I atau Pangkogabwilhan I.

Lakmasana TNI satu ini juga memang sudah dinyatakan sesuai dengan kriteria sebagai KSAL TNI yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: